Wisatawan Belanda dan Italia Kepincut Keindahan Bokor


riaupotenza.com
Salah satu icon wisata Desa Bokor, Lomba lari diatas air dengan uyung sagu.

MERANTI (Riaupotenza.com) - Desa Wisata Budaya Bokor yang terletak di Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau didatangi tamu (wisatawan, red) dari Belanda dan Italia. 

Kabar itu disampaikan langsung oleh Ketua Sanggar Bathin Galang Sopandi kepada wartawan, Selasa (27/8/2019) pagi. Dikatakan pria yang akrab disapa Atah ini, kedatangan 4 orang wisatawan dari Belanda dan 1 dari Italia jika tidak ada halangan akan sampai di Meranti pada Bulan Oktober 2019. 

"InsyaAllah Bulan Oktober mereka datang ke Desa Bokor. Selain itu, di bulan gelap nantinya mudah-mudahan mereka bisa melihat kunang-kunang di Sungai abokor dan bisa menikmati Teh Bunga Kopi Liberika Sempian," ungkapnya. 

Diakui Atah, Desa Bokor cukup merepresentasikan budaya melayu, dan ini modal yang sangat kuat dalam pengembangan desa wisata, karena intinya adalah pelestarian budaya. 

"Kami tetap semangat dan wisatawan yang dari luar tersebut hanya 1 hari menghabiskan waktu di Desa Budaya Bokor. Agenda mereka hanya jalan-jalan dan dan melihat keindahan Desa Bokor," ujarnya seraya menambahkan kalau Wisatawan tersebut akan didampinginya untuk melihat keindahan Desa Bokor. 

Di tempat terpisah, Kadis Parpora Meranti Rizky Hidayat MSi mengetahui Desa Bokor adalah salah satu desa yang terluar, tertinggal dan terdepan berada di sudut kabupaten kota yang awalnya dulu sudah dicanangkan desa wisata oleh Kabupaten Kepualaun Meranti dan kini dalam perkembangan dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan lokal dan wisatawan negara tetangga itu sudah mencapai baik. 

Diakui mantan Camat Tebingtinggi ini, Bokor memiliki kebudayaan yang sangat baik dan Wisata Bokor juga sudah dikenali didunia luar. 

"Sanggar Bathin Galang salah satunya sanggar yang pertama mengegas seni dan kebudayaan Melayu Kampung Bokor, sudah beberapa iven nasional maupun internasional dilakukan olehnya, banyak apresiasi dan penghargaan yang sudah diraih darinya dan ini adalah suatu kebanggaan bagi Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti khsususnya Desa Bokor, dan masyarakat," bebernya. 

"Sangat bagus sekali kalau Desa Bokor ini dikunjungi oleh wisatawan dari luar walau pun tujuan mereka hanya jalan-jalan. Setidaknya, ini salah satu upaya untuk menarik wisatawan dari luar negeri lainnya," tambahnya mengakhiri. dham