Richie Hermawan siswa kelas 1 SMPN 4 dan segudang penghargaan prestasi caturnya .


riaupotenza.com

PEKANBARU (RPZ) - Richie Hermawan, buah hati dari pasangan Herman Antoni dan Dewi Astuti, S.Pd
Guru SMPN 38 Pekanbaru yang beralamat di Jl. Hang jebat X Gg. Ksatria no. 8 Kel. Sukamaju Kec. Sail Kota Pekanbaru, siswa SMPN 4 Pekanbaru yang baru duduk dikelas satu ini tidak sungkan menunjukkan kemampuan caturnya di depan teman kakak kelasnya maupun didepan  lawannya , ia tidak merasa malu dan menutupi bakat dan minatnya tersebut.

Ia pun mengakui minatnya pada catur dikarenakan hobi sang ayah main catur di depannya. Ia belajar dan sering bermain bersama ayahnya sejak duduk di bangku SD, bukannya memanfaatkan waktu senggangnya untuk bermain mobil dan pestol pestolan di waktu kecil, ia malah suka bermain catur.

"Hobi tersebut didukung orang tua untuk mengikuti kejuaraan catur tingkat SD. Ia pun terkejut karena memiliki kemampuan di atas pemain lain hingga meraih juara. Mungkin karena sering bermain dengan orang dewasa, jadi saya sudah belajar strategi yang banyak saat itu," katanya.

Richie hermawan sudah memulai prestasinya semenjak tahun 2016 saat menduduki bangku Sekolah dasar (SD) sampai sekarang ,kepada pekanbaru pos Richie didampingi orang tuanya menceritakan mulai prestasinya  Juara II Kejurkot Pekanbaru Catur 2016, Kategori U-10 Putra,2. Juara III Kejurprov Catur Riau Tahun 2016, Kategori Junpa F
3. Juara I kejurkot Pekanbaru Catur 2017, Kategori U-10 Putra
4. Juara Harapan II Kejuaraan Catur Terbuka Master dan Non Master Seri VI 2017 di Duri
5. Juara III Kejurprov Catur Riau di Bengkalis 2017, Kategori Junpa E
6. Juara III Kejuaraan Catur Terbuka Master dan Non Master Seri VII 2018 di Duri
7. Juara I Kejurkot Pekanbaru Catur 2018, Kategori U-11 Putra
8. Juara II Kejurprov Catur Riau 2018, Kategori U-11 Putra
9. Juara III Kejurnas Catur Ke-47 Tahun 2018 di Banda Aceh, Kategori U-11 Putra
10. Juara 1 Kejurkot catur  U13 tahun 2019 se Kota Pekanbaru

Prestasi Richie dibidang catur ini membuat masuk ke SMPN 4 melalui jalur prestasi (juara 3 tk Nasional catur), di SMPN 4  Ia dilatih secara profesional dan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi catur lebih besar. "Awalnya cuman hobi, belajar otodidak bersama orang tua. Dan sekarang  saya harus melatih strategi dan bermain rutin setiap harinya. Tapi beruntungnya saya pun banyak sharing dan dibimbing  oleh orang tua dan pelatih dengan atlet catur yang jauh lebih tua dan berpengalaman," katanya.

Menurutnya, ia punya pengalaman seru dibimbing dan sharing dengan atlet saat ia duduk di bangku sekolah dasar.
Murid kelas satu SMPN 4 Pekanbaru  ini pun menuturkan selalu memiliki persiapan latihan sebelum bertanding dengan matang. Dan akan selalu meningkatkan  kemampuannya ia berlatih setiap hari selama dua jam setiap hari.

"Selain latihan sendiri saya juga berlatih dan mengasah strategi dengan pelatih catur Richie Pak Alex Ferdian dan pernah juga dengan pak Erwin.. kalau d rumah Richie latihan catur dengan ayah dan neneknya..kalau di sekolah kebetulan di Sekolah banyak siswa yang memiliki bakat dan minat di bidang catur," dan ucapan terimakasi pengkot PERCASI Pekanbaru Pengprov Percasi dan KONI Provinsi.. yg telah memberi uang pembinaan bulanan kepad Richie bantuan ini sangat besar mampaatnya bagi Richie dalam menunjang latihan ungkapnya .***