Permudah Pelayanan Haji, BRK Syariah Buka Kantor Kas di Kemenag Bengkalis


riaupotenza.com
Bank Riau Kepri Syariah saat peresmian kantor kas di kemenag kabupaten Bengkalis.

BENGKALIS (Riaupotenza.com) - Guna mempermudah masyarakat dalam pelayanan Haji, Bank Riau Kepri Syariah Duri Kabupaten Bengkalis membuka kantor kas pelayanan di Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis.

Dibukanya kantor kas tersebut bertujuan untuk menjangkau dan mempercepat pelayanan pengurusan haji bagi masyarakat di Kabupaten Bengkalis. 

"Untuk pelayanan tabungan haji dan sistem komunikasi haji terpadu (siskohat), BRK Syariah membuka kantor kas di Kemenag Bengkalis. Ini merupakan MoU BRK Syariah dengan Kemenag Bengkalis dalam mempermudah pelayanan haji," kata Pemimpin Cabang Pembantu Bank Riau Kepri Syariah Duri, Arrizal Saputra SE, ME, Senin (19/8/2019).

Jadi, kata Arrizal, keunggulan kantor kas yaitu lebih cepat dalam pelayanan. "Langsung daftar dapat porsi haji, pengurusannya semua langsung di kemenag, praktis satu atap," ujarnya.

Secara koordinasi, kantor kas di kemenag bengkalis dikoordinir oleh kantor BRK  cabang pembantu Syariah Duri. "Secara keseluruhan di Riau, ini kantor kas syariah ke-4 yang dibuka di daerah setelah Tembilahan, Teluk Kuantan dan di Universitas Abdurabb Pekanbaru," ungkap Arrizal. 

Selain melayani nasabah calon haji, kantor kas Bank Riau Kepri Syariah juga melayani transaksi perbankan syariah lainnya bagi masyarakat umum.

Pelaksana tugas Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bengkalis, Dr. H Charles SAg MA menyampaikan, bahwa program tersebut selaras dengan upaya kemenag dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransaksi, terutama pelayanan haji. 

Charles menjelaskan, bagi calon haji untuk mengetahui teknisnya dapat mengakses website kemenag.bengkalis.go.id lalu mencari menu layanan haji tentang persyaratan mendaftar haji.

"Melalui program satu pintu disebut dengan PTSP (pelayanan terpadu satu pintu). Bagi mereka yang mendaftar haji dalam waktu tidak begitu lama langsung dapat nomor porsi," kata Dr Charles.

Ia juga mendukung program Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar untuk menjadikan Bank Riau Kepri Konvensional ke Bank Syariah di Riau dapat segera terwujud.

"Dorongan kuat ini membuat Kemenag Bengkalis terpacu untuk mengadakan MoU dengan bank syariah. Syukur pada kamis 15 Agustus 2019 soft opening bank Riau Syariah berkantor di Kemenag Bengkalis," katanya. 

Dalam opening itu, turut hadir Pemimpin Divisi Syariah Bank Riau Kepri, Said Syamsuri SE, Pimpinan cabang Syariah Pekanbaru, Helwin Yunus, Pimpinan BRK Cabang Bengkalis, M Nanang dan Unsur Pimpinan Kecamatan di Bengkalis. nji