Diguyur Hujan 2 Jam, Titik Api Karhutla di Jalan Poros Sungai Alam-Selatbaru Lenyap


riaupotenza.com
Anggota TNI, Polri dan BPBD Bengkalis saling bekerjasama berupaya memadamkan api di Jalan Poros Sungai Alam-Selatbaru selama kurang lebih dua pekan.

BENGKALIS (Riaupotenza.com) - Curah hujan tinggi selama kurang lebih 2 jam melenyapkan sejumlah titik api di Pulau Bengkalis, terutama di lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jalan Poros Sungai Alam-Selatbaru, Kamis (15/8/2019) pagi.

Kondisi luas lahan yang terbakar milik masyarakat itu kembali normal tanpa asap. Sehingga mempermuda, Tim BPBD Kabupaten Bengkalis melaksanakan upaya pendingan atau pemadaman yang sudah berlangsung selama kurang lebih dua pekan.

“Alhamdulillah, tepat di Jalan Poros-Selatbaru, lokasi Karhutla lenyap dan asap hilang, akibat curah hujan tingg. Api padam dan pendinginan (pemadaman,red) bisa terlaksana dengan baik. Curah hujan ini juga mengurangi asap yang selama berhari-hari tim BPBD Bengkalis berjibaku di lapangan,”kata Kepala BPBD Bengkalis Tajul Mudarris, Kamis (15/8/2019).

Curah hujan yang terjadi, sambungnya. Hampir merata terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis. Sebelumnya di lokasi Karhutla Jalan Poros Sungai Alam-Selatbaru ini, luas lahan yang terbakar sudah mencapai 15 hektar. Pusat Data Informasi (Pusdatin) PB-BPBD Kabupaten Bengkalis terus melakukan upaya pencegahan dan pemadaman sejak Selasa 6 Agustus 2019 lalu, melalui pengerahan tim melalui jalur darat dan udara. kar