2.048 Peserta Pawai Obor Akan Semarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Ini Dia Rute Pawai Obor di Bengkalis


riaupotenza.com
Yuhelmi

BENGKALIS ((Riaupotenza.com) - Pawai obor akan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemedekaan Republik Indonesia di Kabupaten Bengkalis. Setidaknya dalam Pawai Obor, Jumat (16/8/2019) malam akan diikuti sekitar 2.048 peserta yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Honor, instansi vertikal, organisasi masyarakat (Ormas), organisasi pemuda, pramuka dan pelajar SD, SLTP, SLTA dan perguruan tinggi. 

Demikian disampaikan Ketua Seksi Pawai Taptu/Pawai Obor Kabupaten Bengkalis Drs Yuhelmi usai melaksanakan rapat pematangan panitia di kantor Bappeda, Rabu (14/8/2019) sore. Menurut Yuhelmi, persiapan pelaksanaan Pawai Obor sudah matang 100 persen.

“Pelaksanaan Pawai Obor, sesuai persiapan kita melalui rapat bersama pak Sekda telah disepakati rutenya, kemudian jumlah peserta sebanyak 2.048 peserta, terdiri dari ASN, pegawai honor, instansi vertikal, ormas, organisasi pemuda, pramuka, ditambah anak sekolah mulai dari SD, SLTP, SLTA dan perguruan tinggi. Khusus murid SD, kami mengharapkan yang hadir itu anak kelas VI, karena kegiatannya malam hari maka juga diminta agar guru turut mendampingi, sehingga tanggungjawabnya jelas,” kata Yuhelmi.

Kepala DPMD Bengkalis ini juga menjelaskan, untuk murid SD ini peserta hanya dari SD yang ada diperkotaan saja. Sehingga para guru yang mendampingi bisa stanby sebelum jadwal pelaksanaan dimulai. 

Terkait rute pawai obor, Yuhelmi mengutarakan, pelepasan atau star pawai obor di depan Wisma Sri Mahkota Bengkalis, kemudian masuk ke Jalan Ahmad Yani, belok kiri menuju Jalan Bengkalis, sampai Jalan Jend. Sudirman menuju ke Jalan Bantan dan finis atau kembali ke Wisma Sri Mahkota. Rutenya sama seperti tahun lalu, tidak menganggu Lapangan Tugu dan tidak masuk ke dalam kota. Karena, lapangan tugu harus steril, paginya kita melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI, tepat 17 Agustus 2019.

“Insya Allah, pelepasan akan dihadiri Bupati Bengkalis bersama dengan Forkopimda,” katanya.

Yuhelmi juga mengatakan, untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini sangat berharap, bisa menjadikan momen bangkitnya semangat rasa nasionalisme yang turut dirasakan para pahlawan serta pejuang-pejuang terdahulu. 

“Harapan kita membangkitkan semangat rasa nasionalisme, bagaimana pejuang-pejuang kita dulu, ikut berjuang dengan kemampuan seadanya dan semangat ini yang perlu kita kobarkan kepada generasi muda kita,” tandasnya. kar