Pilkades Wonosari, 7 Balon Mendaftarkan Diri


riaupotenza.com
Penyerahan berkas bakal calon (Balon) Kades Wonosari diterima panitia Pilkades serentak gelombang III, Tahun 2019, Selasa (13/08/2019).(Sukardi)

BENGKALIS (Riaupotenza.com) - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Wonosari menerima berkas 7 Bakal Calon (Balon) Kades yang dipastikan bertarung pada Pilkades serentak Gelombang III, tanggal 30 Oktober 2019 mendatang. Berkas pendaftaran Balon nantinya ditindaklanjuti ke tahap penelitian keabsahan berkas dan persyarakatan.

Masuknya tahapan administrasi berkas Balon Kades ini disampaikan Panitia Pilkades Wahyu Tri Cahyadi, Selasa (13/8/2019). Menurutnya proses Pilkades Wonosari Tahun 2019 serentak, sudah memasuki tahapan penelitian administrasi berkas Balon Kades, melalui tahapan pendaftaran yang di mulai pada tanggal 30 Juli - 12 Agustus 2019 yang lalu.

“Tahapan penerimaan berkas pendaftaran Balon Kades Wonosari sudah kita lakukan secara terbuka dengan membuka pengumuman di setiap dusun, bahkan RT setempat. Agar semua masyarakat dapat informasi dalam proses pemilihan kepala desa serentak tahap tiga  Kabupaten 2019 ini, kita selaku panitia selalu berusaha untuk mengedepankan keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaran Pilkades Tahun 2019 ini,” kata Wahyu Tri Cahyada.

Menurut Wahyu, setelah beberapa hari Panitia Pilkades membuka pendaftaran Balon Kades Wonosari diterima pendaftaran sebanyak 7 Balon, untuk selanjutnya diteliti keabsahan berkasnya,  sesuai persyaratan yang sudah ditetapkan panitia sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2019 tentang Perubahan Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pemilihan Kades.

Dari pantauan media di lapangan, sebanyak 7 Balon yang telah menyerahkan berkas persyaratan. Pada penyerahan berkas tersebut, masing-masing Balon mendaftar dengan didampingi para pendukungnya. Setelah penerimaan berkas, panitia selanjutnya memeriksa berkas untuk segera diteruskan ke tahapan selanjutnya yaitu penelitian keabsahan bersyaratan bakal calon.

Sejumlah nama Balon Kades, dari 7 Balon mendaftar, 1 Balon merupakan petahana yang kembali mengikuti kontes Pilkades 2019 ini. Sebagaimana diketahui, Desa Wonosari satu-satunya desa di Kecamatan  Bengkalis, yang melaksanakan pesta demokrasi Pilkades langsung secara serentak Tahap III Tahun 2019 dari 10 desa se-Kabupaten Bengkalis. kar