Buka Oktober Mendatang

Ini Jumlah Formasi CPNS yang Diajukan Pemko ke Pusat


riaupotenza.com
M Noer

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 untuk lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru akan dibuka pada bulan Oktober 2019 mendatang. Sebanyak 367 Formasi telah diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB). 

"Kita sudah ajukan ke Kemenpan RB sebanyak 367 formasi untuk tahun ini," ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Noer, usai menggelar rapat, di ruang rapat kantor Walikota Pekanbaru, Senin (12/8/2019) siang. 

Dikatakan M Noer, bahwa ada sebanyak 367 formasi CPNS yang diusulkan pada tahun ini sesuai dengan jumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang telah memasuki Batas Usia Pensiun (BUP). 

Pengusulan formasi CPNS harus sesuai dengan jumlah pegawai yang memasuki usia pensiun tahun ini, merujuk kepada instruktuksi Kemenpan RB terkait perekrutan CPNS kepada daerah tahun 2019 ini. 

"Kalau data dari BKPSDM pegawai yang memasuki usia pensiun tahun ini ada 367 orang, dan terdiri dari berbagai formasi, ada dari tenaga pengajar (guru) SD,SMP, dari tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya," terang M Noer.

Rekrutmen CPNS tahun 2019 ini, berdasarkan jumlah pegawai yang pensiun di tahun ini. Namun M Noer tidak menampik sebenarnya kebutuhan CPNS untuk kota Pekanbaru saat ini untuk mengisi berbagai formasi, melebihi dari itu. 

Dijelaskan M Noer, dari penerimaan CPNS sejumlah dengan yang pensiun pada tahun ini, diatur lagi untuk pembagian kuota CPNS ini sebanyak 70persen diangkat melalui jalur dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dan 30 persen dari jalur CPNS Umum. 

Jadi pegawai P3K yang honor saat ini akan direkrut kembali untuk memenuhi kuota CPNS yang 70 persen ini dan 30persen lainnya untuk CPNS umum. Kalau yang pensiun saat ini sebanyak 367orang, berarti penerimaan untuk umum ada sekitar 110orang dari CPNS umum dan sisanya dari P3K. 

Sementara untuk formasi apa-apa saja yang dibutuhkan yang terbanyak terdapat pada formasi tenaga pendidik, seperti guru SD, SMP, dan tenaga kesehatan. Sebab formasi itu tahun ini yang ASN nya banyak pensiun. 

Namun tetap mengacu kepada pegawai yang pensiun tadi, jadi formasi mana saja yang ditinggalkan, dan berapa jumlahnya, akan sama seperti itu yang akan di rekrut dalam CPNS dalam tahun 2019 ini dan tetap keputusan akhir formasi masih menunggu dari pusat. rpz