Gubri Harap Makna Kurban Dapat Menjadikan Contoh dari Nabi Ibrahim AS


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) – Pelaksanaan hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, menyembelih 3 ekor sapi kurban, satu ekor di antaranya bantuan dari Pemprov Riau yang diserahkan langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar kepada Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang, Senin (12/8) di halaman belakang Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru.

Kedatangan Gubri disambut langsung Ketua PWI Zulmansyah Sekedang dan sejumlah pengurus PWI serta panitia kurban lainnya yang berlangsung penuh keakraban. Usai menyerahkan sapi, Gubri berharap kepada media dan wartawan untuk bersinergi dengan Pemprov Riau dalam rangka membantu tugas pemerintah mengatasi berbagai persoalan, seperti Karhutla dan penertiban perkebunan ilegal di Riau. 

"Kami mengharapkan dukungan media dan wartawan untuk mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan dan hutan. Karena kita lebih bagus mencegah daripada memadamkan. Apalagi memadamkan api adalah pekerjaan yang cukup berat, ditambah lokasi kebakaran jauh dari sumber air," ujarnya. 

Menurutnya, satgas Karhutla baik TNI/Polri dan Manggala Agni sudah bekerja keras melakukan pemadaman dan pencegahan Karhutla. Namun langkah itu belum cukup tanpa dukungan semua pihak. "Harapan saya tidak putus sampai di situ. Namun harap saya kepada media untuk menyampaikan ke masyarakat Riau dari suku dan golongan untuk sama-sama menjaga marwah negeri ini, dengan tidak membakar lahan," katanya. 

Lebih lanjut Syamsuar mengatakan, pihaknya akan melakukan penertiban perkebunan ilegal, yang rapat pembahasannya hari ini.  "Kami akan menertibkan perkebunan yang ilegal, tak ada izin dan sebagainya.  Hari ini (kemarin) kita rapatnya untuk memulai gerakan kami bersama Forkopimda, ada BPN, Kanwil Pajak dan lainnya untuk menyisir perkebunan ilegal," ungkapnya.

Makanya kata Gubri, pihaknya memerlukan dukungan media, sehingga ini mengurangi kebakaran lahan dan hutan. Karena media ini sebagai penyambung lidah rakyat dan pemerintah apa yang perlu disampaikan ke rakyat, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terwujud. 

"Kami juga berharap media dapat mengawal kami, jika ada saran dan masukan terbaik agar disampaikan sehingga kami bisa melaksanakan pekerjaan kami lebih baik," tukasnya.

Terkait bantuan hewan kurban, Gubri berharap agar bantuan ini dapat dirasakan oleh wartawan dan juga makna kurban dapat menjadikan contoh dari Nabi Ibrahim AS dan anaknya Ismail, sebagai peristiwa disunahkannya ibadah kurban bagi umat Islam.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan terimakasih kepada Gubri yang langsung menyerahkan sapi kurban bantuan Pemprov Riau. Tentunya dengan bantuan sapi kurban ini akan menjadi semangat bagi PWI Riau untuk tetap melaksanakan penyembelihan hewan kurban setiap tahun di hari raya Idul Adha.

‘’Kami mengucapkan terimakasih, semoga bantuan sapi kurban ini dapat mempererat hubungan PWI dengan Pemprov Riau dan tahun ini ada 2 ekor sapi dari kurban anggota PWI Riau dan ke depan jumlah hewan kurban PWI Riau akan semakin banyak,’’ ujarnya.

Zulmansyah juga menyebutkan, daging hewan kurban yang sudah dipotong, selain diperuntukan buat anggota PWI Riau, juga didistribusikan kepada masyarakat sekitar kantor PWI Riau dan juga sejumlah warga kurang mampu. rpz/rls