Bukannya Takut, Pengusaha Galian C Ini Justru Berani Akui Belum Pegang Izin


riaupotenza.com

XIII KOTOKAMPAR (Riaupotenza.com) -  Bukannya takut, pemilik galian c di Desa  Kototuo, Kecamatan XIII Koto ini justru terang-terangan mengakui  bahwa operasional galian c-nya belum memiliki izin.

''Kami sudah masuk bahan (izin, red) kami di DLH sejak tiga bulan lalu,'' ucap Awaluddin alias Wali Owa, pengusaha galian c di Desa Kototuo ketika ditelpon, kemarin.

Selain menyebut sudah mengajukan perizinan ke DLH sejak tiga bulan lalu, Awaluddin juga mengaku sudah mengajukan izin ke BPN. Meski izin telah ia ajukan sejak tiga bukan lalu, namun, kata dia, hingga kini, izin itu masih diproses alias belum  keluar.

Ketika ditanya, mengapa izin belum didapat, tapi aktivitas galian c justru sudah lama dimulai, pengusaha ini menjawab. ''Kalau itu yang kita kaji, semua galian c di XIII Koto Kampar dan di Koto Kampar Hulu ini tak ada yang  memiliki izin. Satu pun tak ada,'' ujarnya.

Mengenai keluhan warga yang terganggu oleh debu yang ditimbulkan oleh aktivitas truk-truk pengangkut sirtu di jalan, Awaluddin menyebut, pihaknya sudah melakukan antisipasi, dengan rutin menyiram sekali sehari.

''Tiap sore kita siram.  Tengok saja  ke lokasi. Itu sekarang mobil tengki sedang menyiram itu. Sore siram, sore siram,'' kilahnya. naz