Pengabdian Masyarakat Faperika Universitas Riau

Berupaya Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan


riaupotenza.com
Peserta pengabdian masyarakat beserta mahasiswa Kukerta Unri saat acara di Desa Sialang Pasung, Kabupaten Kepulauan Meranti.

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Tri Dharma perguruan tinggi, pengabdian masyarakat. Ini dilaksanakan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Faperika) Unri di Desa Sialang Pasung, Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada 29 Juli lalu itu, ditujukan bagi masyarakat nelayan di daerah itu. Diharapkan program ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan di sana. 

Kegiatan yang melibatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Unri, yang di antaranya juga ada dari mahasiswa Faperika ini, memanfaatkan bahan baku udang rebon. Dari bahan baku ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti bakso dan nuget. Program ini diarahkan oleh dosen pakar dari Jurusan THP Faperika Unri Ir Teten Suparmi MSi.

"Jumlah peserta sebanyak 30 orang. Sasaran program ini, adalah ibu-ibu RT nelayan. Tujuan utk meningkatkan pendapatan RT nelayan dan masyarakat," kata ketua kegiatan, yang juga Ketua Jurusan Ilmu Kelautan Faperika Unri, Dr Ir Nursyirwani MSc kepada media.  

Sedangkan mahasiswa Kukerta yang dilibatkan, cukup antusias membantu dan mengikuti program ini. "Kami melibatkan mahasiswa Kukerta di sana. Ada 10 orang. Mereka nampak bersemangat," kata Nursyirawani lagi, didampingi dosen Faperika lainnya, di antaranya Dr Ir Dessy Yoswati MSi. 

Pada kesempatan ini juga, pihak Faperika Unri menyerahkan peralatan masak- memasak kepada aparat desa. Dan, warga di sana sangat senang bisa dikunjungi. Mereka juga berharap program ini bisa dilaksanakan kembali di lain waktu. uli