Prodi Pendidikan Kimia FIKIP UIR Menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Ibu-ibu PKK RT.02 RW.09


riaupotenza.com
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Kimia FKIP UIR berfoto Bersama dengan ibu-ibu PKK RT.02 RW.09 Tangkerang Timur usai pelaksanaan kegiatan

PEKANBARU (RPZ) - Dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi, dosen Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Riau (UIR) beserta mahasiswa menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tajuk pelatihan pembuatan dan pengemasan kaldu non-MSG pada ibu-ibu PKK RT.02 RW.09, Kelurahan Tangkerang Timur. Kegiatan ini digelar pada tanggal 21 Juli 2019 lalu di rumah kediaman ibu Gusliarni yang terletak dijalan Bukit Shafa RT.02, RW.09 Kelurahan Tangkerang Timur dengan jumlah pesertasebanyak26 orang ibu-ibu. Kegiatan pengabdian ini ditaja oleh tim pengabdian prodi Pendidikan kimia yang diketuai oleh Asyti Febliza, M.Pd dengan 1 orang anggota dosen yaitu: Oktariani, M.Pd dan 2 orang mahasiswa yaitu Herman dan Aisyah Meisya Putri. Kegiatan ini merupakan implementasi matakuliah kimia industri rumah tangga yang disajikan pada Prodi Pendidikan Kimia FKIP UIR.

Sasaran dari kegiatan ini adalah Ibu-ibu PKK dilingkungan RT.02 RW.09 Kelurahan Tangkerang Timur. Sasaran ini dipilih dikarenakan ibu-ibu tersebut belum mengetahui dampak negatif penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) secara jelas dan bagaimana cara membuat dan mengemas kaldu non-MSG.Untuk membantu permasalahan mitra, maka tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Pendidikan Kimia FKIP UIR melaksanakan pengabdian dengan beberapa kegiatan, diantaranya:memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu mengenai  dampak negatif penggunaan Monosodium Glutamat (MSG)secara berlebihan terhadap kesehatan, mendemonstrasikan pembuatan kaldu non-MSG, dan cara pengemasan yang tepatsehingga kaldu yang dihasilkan berkualitas baik.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini Ibu-ibu PKK terlihat antusias, dengan diajukannya beberapa pertanyaan terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan, membantu ibu-ibu menghasilkan penyedap yang lebih sehat, sehingga kesehatan lebih terjaga dan pencegahan penyakit akibat berlebihnya konsumsi MSG dapat diminimalisir.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan,  ibu-ibu PKK RT.02 RW.09 Tangkerang Timur serta dapat memproduksi sendiri kaldu non-MSG dengan pengemasan yang baik. Sehingga kesehatan masyarakat meningkat dan dapat pula meningkatkan penghasilan masyarakat, jika kaldu non-MSG diproduksi skala industri rumah tangga sebagai usaha produktif.