Pemko Minta Hentikan Kegiatan CFD


riaupotenza.com
M Noer MBS

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meminta Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menghentikan sementara kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman, Ahad (11/8/2019) mendatang. 

Pasalnya, kualitas udara di Kota Pekanbaru dalam minggu ini diselimuti kabut asap yang cukup tebal dari pagi hingga siang hari. Hal ini akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa titik di Provinsi Riau. 

"Kita hentikan dulu car free day, karena udara tidak bagus, kabut asapnya cukup tebal, kita minta untuk Dishub hentikan dulu untuk sementara," ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Noer, Selasa (6/8/2019). 

M Noer menyebutkan, langkah ini diambil agar segala bentuk aktivitas diluar ruangan dapat dikurangi, karena kualitas udara di Kota Pekanbaru saat ini yang dapat mengancam kesehatan tubuh, akibat tebalnya kabut asap. 

Meski kualitas udara di Pekanbaru belum menunjukkan pada level berbahaya, namun apabila dikonsumsi secara terus menerus akan berdampak pada kesehatan pada jangka panjang. 

"Tujuan dibukanya car free day itukan untuk dimanfaatkan masyarakat agar dapat beraktivitas dan berolahraga. Tapi kalau melihat udara saat ini kan bisa berdampak untuk kesehatan tubuh, jadi malah dapat mudarat," terangnya.

M Noer juga menyebut, area bebas kendaraan yang dijadikan tempat beraktivitas dan berolahraga oleh masyarakat yang dilaksanakan setiap hari minggu pagi itu akan dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan hingga kualitas udara di kota Pekanbaru membaik. 

Untuk itu Dishub Pekanbaru juga diminta aktif melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Kesehatan (Diskes) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk dapat memantau kualitas udara. 

"Kalau udara sudah bagus, ya kita akan buka area car free day. Tapi kalau asapnya semakin tebal tentu kita akan tutup, kita buatkan juga selebaran supaya masayarakat tau area CFD tutup untuk sementara waktu," ungkapnya. rpz