Siap-siap, Pemko Bakal Tempatkan PKL dalam Satu Zonasi


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

PEKANBARU (RPZ) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal menempatkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini berjualan di tempat yang tidak semestinya dalam satu tempat. Hal ini guna menciptakan tata ruang kota Pekanbaru lebih teratur. 

"Kami akan siapkan tempat nya dalam bentuk zonasi-zonasi, sehingga para pedagang nantinya dapat berjualan dalam satu tempat yang aman dan nyaman, dan tentunya juga akan membuat tata kota Pekanbaru lebih tertib," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Zulhelmi Arifin, kemarin.

Dikatakan Ami, sapaan akrabnya, selain untuk membuat tata kota lebih tertib dan indah, penempatan PKL dalam satu tempat zonasi ini nantinya juga bakal membantu Pendapatan Daerah. 

Karena berdasarkan Peraturan Daerah (Perda), pedagang yang dipungut retribusi adalah bertransaksi Rp5 ribu setiap hari. Ami juga menyebut sejauh ini pihak nya telah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru.

Dijelaskan Ami, bahwa penempatan PKL dalam satu zonasi ini masih dalam pembahasan bersama Pemko, baik seperti apa regulasi dan tempat nya dimana. 

"Kami sudah memiliki peraturan Walikota (Perwako) tentang PKL. Disperindag juga sudah menginformasikan kepada kita, besaran jumlah retribusi berdasarkan luas lapak," sebutnya. 

Penempatan para PKL dalam satu zonasi ini bisa ditempatkan seperti di ruang terbuka hijau (RTH) atau tempat strategis lainnya. Artinya ada kepastian dari pedagang dimana lokasi yang boleh berjualan. rpz