Peraturan MenPAN dan RB Nomor 9 Tahun 2019 Disosialisasikan

Peraturan Baru, Ini Peran dan Fungsi Penghulu


riaupotenza.com
Suhardi

PEKANBARU (RPZ) - Ketua Pokja Hulu Provinsi Riau yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Limapuluh, H Suhardi SAg MA mengikuti sosialisasi Peraturan Nenteri PAN dan RB Nomor 9 tahun 2019 tentang jabatan fungsional penghulu di Hotel Sahira, Bogor Jawa Barat, Selasa (16/7/2019). 

Acara yang diadakan Kemenag RI ini diikuti oleh kanwil seluruh Indonesia. Selain Suhardi, dari Provinsi Riau juga diwakili Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Riau, Dra Hj Ida Heridah MM.

Menurut Suhardi SAg MA, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan empat hari, mulai Selasa (16/7/2019) dan berakhir Jumat (19/7/2019).

''Acara ini sangat penting mengingat peraturan terbaru ini berkaitan dengan keberadaan penghulu sebagai  fungsional dan juga tugas-tugas kepenghuluan yang berhubungan dengan jenjang karir penghulu itu sendiri,'' kata Suhardi, Selasa (16/7/2019).

Peraturan Menpan RB Permenpan RB Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Jabatan Fungsional Penghulu, diterbitkan untuk menggantikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan Nomor: PER/62/M.PAN/6/2005 Tahun 2005 tentang Jabatan Fungsional Penghulu dan Angka Kreditnya dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan peraturan perundang-undangan. 

Berdasarkan peraturan tersebut, Jabatan Fungsional Penghulu adalah jabatan sebagai pegawai pencatat nikah atau perkawinan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat lslam. 

Jabatan Fungsional Penghulu dinyatakan jabatan yang termasuk dalam rumpun keagamaan. Adapun kedudukan Jabatan Fungsional Penghulu adalah sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang kepenghuluan pada Kementerian Agama. 

Jabatan ini juga merupakan jabatan fungsional kategori keahlian. Adapun jenjangnya dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi. Yakni terdiri, Penghulu Ahli Pertama, Penghulu Ahli Muda, Penghulu Ahli Madya dan Penghulu Ahli Utama.

Jenjang pangkat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Adapun Pangkat untuk masing-masing jenjang Jabatan Fungsional Penghulu sesuai angka kredit. rpz