Jangan Hanya Sekolah Negeri, Pemda Juga Harus Dukung Sekolah Swasta


riaupotenza.com
Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan H Abdullah SPd saat memantau pendaftaran PPDB di salah satu sekolah di Pangkalan Kerinci.

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Kontribusi besar sekolah swasta terhadap pembangunan pendidikan di Kabupaten Pelalawan tidak diragukan lagi. Program Pelalawan Cerdas yang menjadi salah satu program unggulan Bupati HM Harris juga tak lepas dari peran serta lembaga pendidikan swasta. Mestinya, Pemkab Pelalawan harus mendukung kemajuan sekolah terkait.

‘’Sekolah swasta juga perlu didukung Pemda. Mereka berjuang membangun pendidikan kita,’’ kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan H Abdullah SPd, Kamis (11/7/2019).

Dukungan untuk sekolah yang dimaksud Abdullah, selain dana BOS juga mestinya bantuan dana lain sehingga meringankan beban orang tua dan sekolah. ‘’Benar, sekolah swasta juga menerima BOS, jika perlu ada kebijakam insentif lain yang memungkinkan sehingga biaya swasta bisa lebih turun sehingga tidak semua memburu sekolah negeri,’’ ungkapnya.

Mengenai zonasi pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang baru usai, Abdullah menyebutkan berjalan dengan lancar. Karena yang diburu masyarakat adalah sekolah negeri. ‘’Zonasi dah beres? Semoga tertampung semua,’’ ujarnya.

‘’Kepala sekolah swasta mesti diajak koordinasi. Adalah betul bahwa sekolah swasta mesti mengunggulkan kualitas agar menjadi pilihan. Tapi mereka sudah berkontribusi banyak terkait pendidikan kita, sehingga terkait PPDB Dinas Pendidikan juga mesti mengajak sekolah swasta untuk berkoordinasi agar daya tampung mereka juga terpenuhi,’’ sambung Abdullah.

Plt Kadisdik Pelalawan M Zalal SPd sampai berita ini dirilis belum berhasil dikonfirmasi terkait penetapan zonasi apakah melibatkan sekolah atau tidak serta bantuan pendidikan untuk sekolah non negeri tersebut. amr