Mediasi Batas Desa antar Kecamatan Belum Tuntas


riaupotenza.com
Mediasi batas desa antar kecamatan berlangsung di Kantor DPMD Pelalawan.

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Mediasi batas desa antar kecamatan yang dilakukan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pelalawan belum tuntas. Padahal penyelesaian batas ini sangat penting sebagai upaya percepatan pembangunan dan tertib administrasi dan kepentingan lainnya.

‘’Yang kami mediasi kemarin batas desa antar kecamatan, antara Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Ukui. Tapi belum selesai dan akan ada pertemuan menyusul,’’ sebut Kadis PMD Pelalawan Drs H Zamur Das melalui Staf Bidang Pemerintahan Desa DPMD Pelalawan Kiki Syam Putra STTP, Kamis (11/7/2019).

‘’Khusus penetapan Batas Desa Kesuma secara keseluruhan guna memenuhi syarat untuk pemekaran desa,’’ imbuhnya lagi.

Mantan Camat Teluk Meranti ini menyebutkan, batas Kesuma-Segati, Kesuma-Gondai, Kesuma Lubuk Kembang Bunga segmen Kecamatan Pangkalan Kuras-Kecamatan Ukui. ‘’Keinginan Desa Lubuk Kembang Bunga adalah mengikuti batas desa versi BPS, keinginan Desa Kesuma agar batas mengikuti batas izin PT RAPP dengan PT Arara Abadi, sehingga perundingan belum menghasilkan kesepakat,’’ bebernya.

Sebagai tindaknlanjutnya  sambung Kiki, kedua desa akan melakukan konsolidasi secara internal dulu sebelum dilakukan perundingan lanjutan. ‘’Nanti ada pertemuan berikutnya yang akan disepakati,’’ paparnya.

Selain itu juga dimedia batas Desa Kesuma- Desa Gondai segmen Kecamatan Pangkalan Kuras- Kecamatan Langgam. "Pada wilayah Sungai Nilo jarak antara Kuala Sungai Medang dan Sungai Mamahan dibagi dua, dan diposisi jalan RAPP jarak antara alur Sungai Medang dan Sungai Mamahan dibagi dua lalu ditarik garis lurus dari kedua titik tersebut,’’ jelasnya sambil menyebutkan terkait segmen lanjutannya akan dilakukan survey lapangan.

Masih pada batas desa antar kecamatan sebutnya, Desa Kesuma-Desa Segati Kecamatan Pangkalan Kuras- Kecamatan Langgam. "Masih perlu dilakukan pelacakan lapangan apakah segmen batas antar kedua desa itu ada, karena menurut pihak Desa Segati tidak ada batas Desa Segati dengan Desa  Kesuma. Akan tetapi berdasarkan peta BPS ada segmen batas antara Segati  dgn Kesuma,’’ terang Kiki.

Meski mendapat kata sepakat, namun kedua belah pihak tambah staf Pemdes DPMD Pelalawan ini, sudah menyetujui pelacakan Segmen Kesuma-Gondai, Kesuma-Segati akan dilakukan pada hari Senin  (15/7/2019) pekan depan. amr