Mahasiswa Desak Aparat Penegak Hukum Usut Dugaan Penyimpangan Pembangunan FH Unri


riaupotenza.com
Aksi massa mahasiswa yang dikawal aparat kepolisian saat melakukan unjuk rasa di Mapolresta Pekanbaru, Kamis (11/7/2019).

PEKANBARU (RPZ) - Sejumlah pengunjuk rasa dari Aliansi Mahasiswa Universitas Riau (Alim Unri) melakukan aksi unjuk rasa di Polresta Pekanbaru, Kamis (11/7/2019). Massa mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas sejumlah proyek di Unri yang diduga di korupsi.

Aksi mahasiswa tak berlangsung lama di kantor Polresta Jalan Ahmad Yani. Usai melakukan orasi dan membaca pernyataan sikap serta berdialog dengan perwira Intel Polresta, para mahasiswa kemudian berlanjut melakukan aksi unjuk rasa di depan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, sekitar pukul 12.25 WIB.

Di Jalan Sudirman bawah fly over ini, mahasiswa kembali melakukan orasi. Massa menuntut aparat kejaksaan membongkar kasus dugaan korupsi yang ada di Unri.

Koordinator lapangan Riki menilai belakangan ini kampus Unri dihantui sejumlah kasus korupsi. Hal ini dapat disaksikan dalam beberapa tahun terakhir sering mendengar informasi dari media mengenai dugaan korupsi yang melibatkan para petinggi di Universitas Riau.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, mahasiswa menduga ada indikasi korupsi proyek pembangunan gedung Fakultas Hukum di Universitas Riau (UR) sebesar Rp30 miliar. Bahkan, dugaan tindak pidana korupsi tersebut menyeret oknum petinggi di universitas tersebut yang berinisial I yang sebelumnya adalah mantan dekan Fakultas Hukum Universitas Riau yang sekarang sebagai ketua satuan pengawas internal (SPI) di Universitas Riau.

Massa menduga, terbengkalainya pembangunan di Fakultas Hukum Universitas Riau telah memanggil Aliansi Mahasiswa Universitas Riau untuk meneliti dan mengkaji. Dengan data yang valid yang tengah diteliti dan dikaji oleh mahasiswa akan diserahkan kepada pihak yang berwewenang untuk dapat ditindak lanjuti.

''Kami mahasiswa menuntut dan mendukung aparat Kejati/Kejari/Polresta/Polda Riau untuk membongkar dan menuntaskan dugaan korupsi pembangunan gedung Fakultas Hukum Universitas Riau sampai ke akar-akarnya,'' kata mahasiswa dalam orasinya.

Sementara Kasi Intel Kejari Pekanbaru, Budiman SH yang menerima para pengunjuk rasa mengatakan, aspirasi mahasiswa kami terima dan telaah sama pimpinan. rpz