LKS SMK Tingkat Nasional Yogyakarta

Dua Siswa SMKN 3 Mandau Wakili Riau


riaupotenza.com
Kepala SMK Negeri 3 Mandau dan siswa pilihan terbaik sekolah, saat pelepasan peserta ke ajang LKS SMK Tingkat Nasional di Yogyakarta. =MAZWIN

DURI (RPZ) - Ajang Lomba Kompetisi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional digelar di Yogyakarta pada tanggal 7 - 13 Juli 2019. Tak tanggung-tanggung, Provinsi Riau mengutus 19 pesertanya untuk berkompetisi di ajang LKS Sekolah Menengah Kejuruan ke tingkat nasional di Yogyakarta tersebut. Para peserta ini akan mengikuti 16 cabang perlombaan.

Dari 19 peserta, 2 peserta adalah siswa pilihan terbaik SMK Negeri 3 Mandau. Siswa yang membanggakan itu antara lain, atas nama Joni Gultom dan Fajar Ramadhani dari Kompetensi Keahlian Permesinan. Joni Gultom siswa yang akan mewakili lomba cabang CNC Turning sedangkan Fajar Ramadhani lomba cabang Metrologi Tingkat Nasional.  

Joni Gultom adalah salah satu siswa yang sangat berbakat meskipun terlahir dari keluarga yang tidak mampu. Memiliki orang tua dengan pekerjaan petani yang bertempat tinggal di Desa Sebangar. Namun itu semua telah menjadikan semangat belajarnya sangat termotivasi. Terbukti didalam kelas dia selalu mendapat juara kelas dan telah diterima melalui jalur SNMPTN di Perguruan Tinggi Negeri Universitas Riau Jurusan Teknik Mesin.

Sedangkan siswa atas nama Fajar Ramadhani,  ia bertempat tinggal di Desa Balai Makam. Dia seorang siswa yang selalu juara 1 dikelasnya dan telah diterima di Universitas Diponegoro jurusan Teknik Mesin melalui jalur SNMPTN juga. Ayahnya adalah seorang buruh bangunan dan ibunya seorang penjual kerupuk keliling.

Kedua siswa pilihan tersebut adalah siswa yang memiliki catatan bagus dalam sikap dan hasil belajar. "Kedua siswa kami ini adalah siswa yang kurang mampu. Tapi sangat berbakat dalam ilmu dan kompetensi kejuruannya. Memiliki orang tua yang sangat sederhana dalam ekonomi, adalah motivasi mereka untuk belajar. Kami pihak sekolah sangat bangga dengan prestasi yang mereka raih. Kami berharap ini akan menjadi contoh positif bagi siswa lainnya,” kata Rudi Romansyah, Kepala Program Keahlian Teknik Mesin kepada riaupotenza.com, Sabtu (6/7/2019).

Hal senada juga disampaikan Suwondo ST, guru pembimbing. "Melihat semangat mereka dalam belajar dan melatih kompetensi kejuruan, kami sebagai guru pembimbing menjadi semangat dan sangat bangga. Kami sudah melakukan yang terbaik untuk membimbing mereka. Kami sudah mengkomunikasikan dengan pihak orang tua dan mereka sangat setuju serta bangga dengan SMK Negeri 3 Mandau. Karena telah mendukung dan memfasilitasi anaknya untuk kegiatan positif ini," katanya.
 
Harapan pihak sekolah, kedua siswa pilihan itu dapat mengharumkan nama baik sekolah, kabupaten dan provinsi ditingkat nasional. Joni Gutom dan Fajar Ramadhani adalah satu bukti bahwa anak yang kurang mampu bukan alasan untuk dapat berkarya dalam prestasi yang membanggakan.

"Kami pihak sekolah sangat mendukung, baik dari segi fasilitas, motivasi, dan doa untuk kedua siswa kami. Kami berharap, mereka mampu membanggakan orang tua, sekolah, kecamatan, kebupaten dan provinsi Riau di ajang tingkat Nasional di Yogyakarta. Kami sudah melakukan yang terbaik. Kami berkomitmen selalu melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik," harap Agus Subagiyo ST MSi, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Mandau.

"Kedua siswa kami telah mendapatkan pelatihan untuk memantapkan lomba selama 3 bulan. Kami dari pihak sekolah juga telah mengirim Joni Gultom pelatihan pendalaman kompetensi di PT CNC Indonesia di Bekasi dan Fajar Ramadhani pelatihan di Laboratorium Pengukuran Jurusan Teknik Mesin Universitas Riau. Kami selalu melakukan usaha yang maksimal untuk hasil yang terbaik. Ini adalah bentuk langkah konkrit yang telah kami lakukan," tandasnya.
 
SMK Negeri 3 Mandau salah satu sekolah baru yang prestasi dan keunggulanya diakui hingga tingkat nasional. SMK Negeri 3 Mandau juga salah satu sekolah andalan yang dibanggakan di masyarakat. Dari kepercayaan masyarakat ini, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Mandau berkomitmen akan terus berjuang untuk memajukan sekolah. Baik dari segi sarana dan prasarana, mutu pendidikan, prestasi, dan output yang dihasilkan yaitu alumni yang siap pakai dalam dunia kerja.

Tak hanya itu, pihak sekolah juga akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengukir prestasi, baik dalam ilmu maupun dalam ekstrakurikuler. Mampu bersaing hingga tingkat Nasional dalam lomba CNC Turning dan Metrologi salah satu bukti bahwa SMK Negeri 3 Mandau tidak hanya unggul dalam prestasi ekstrakurikuler akan tetapi unggul dalam prestasi ilmu dan Kompetensi Kejuruan. maz