Program TMMD Bangkitkan Semangat Goro Masyarakat


riaupotenza.com
Salah satu kegiatan TMMD Kodim 0321 Rohil membangun sarana berwudhu.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Saat ini tengah berlangsung pra Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0321 Rohil. Program ini dilaksanakan secara resmi dalam waktu dekat yang tujuannya adalah kembali memecut semangat gotong royong masyarakat dalam hal pembangunan.

"Kita ingin melihat sejauh mana keinginan dan semangat kerja gotong royong masyarakat saat ini. Maka melalui kemanunggalab TNI ini dilakukan pembangunan," kata Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi SIP, Jumat (5/7/2019). 

Program TMMD ini mendapatkan dukungan penuh dari dana APBD Rohil sebesar Rp1 miliar. Kodim 0321 hanya selaku pelaksana kegiatan bagaimana pembangunan dapat berjalan dengan baik secara swadaya. 

"Ini bukan proyek. Ini dana hibah dari Pemda untuk membangun daerah tertentu yang dikira lingkungan masyarakatnya membutuhkan pembangunan. Maka dihibahkan kepada kami sebagai pelaksana secara swadaya masyarakat," terang Didik. 

Pembangunan TMMD ini berdasarkan lokasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah, yaitu pembangunan fisik seperti semenisasi empat titik, box culvert satu titik dan bangunan mushola satu unit. Diantaranya lima titik di Kecamatan Sinaboi dan satu titik di Kecamatan Bangko.

"Lima bangunan fisik seperti semenisasi dan box culvert dan satu rumah ibadah. Rehab mushola, tapi ini mungkin dibangun baru. Karena bangunan lamanya habis dibongkar," ucap Didik.

Selain mengharapkan kekompakan masyarakat dalam segi pembangunan jiwa gotong royong, dari TNI sendiri akan menerjunkan sebanyak 150 personil prajurit TNI. Kendati TMMD ini nantinya akan dibuka secara resmi dengan giat apel. Dan target pembangunan selama 30 hari. iin