Biar Masyarakat Tahu, Desa Rambaian Pajang Baliho Anggaran Desa


riaupotenza.com

GAS​ (RPZ) - Dalam tiga tahun terakhir, Desa Rambaian​ Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) konsisten melakukan pemasangan baliho Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di depan kantor desa serta di ruang terbuka publik. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan transparansi pengelolaan APBDes kepada masyarakat.

Dalam baliho berukuran besar yang dipasang di depan kantor desa itu,dituangkan secara rinci soal besaran dan sumber pendapatan, pembiayaan serta belanja desa pertahunnya.

Kepala Desa Rambaian​, Hasbi Yardi SPdi mengatakan, pemasangan baliho pengelolaan APBDes ini dilakukan sejak tiga​ tahun anggaran terakhir. Pemasangan baliho ini dilakukan berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) Nomor 6 Tahun 2019 dan anjuran Pendamping Desa, agar masyarakat ikut mengawal dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) yang lebih dari Rp1 miliar.

“Dengan dipasang baliho, masyarakat bisa langsung memantau pembangunan desa dan ikut mengawal," katanya.

Hasbi berharap, dengan adanya transparansi anggaran yang dikelola desa, masyarakat juga mendapat edukasi akan pentingnya kejujuran dan keterbukaan. Sebab, secara tidak langsung hal itu sangat mendidik masyarakat lebih aktif dan peduli terhadap desanya. ujg