Rekrut CPNS Sesuai Jumlah Pegawai yang Pensiun


riaupotenza.com
M Noer

PEKANBARU (RPZ) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun 2019 ini rencana melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Muhammad Noer MBs hari ini mengatakan, jumlah rekrutmen CPNS jumlahnya berdasarkan ASN yang pensiun tahun 2019 ini. Hal ini mengacu surat arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) yang ditujukan kepada Pemko.

Adapun jumlah pegawai yang pensiun tahun 2019 ini sebanyak 387 orang pegawai. ''Mereka semua sudah memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) ditahun 2019 ini. Terdiri dari berbagai formasi, ada dari tenaga pengajar (guru) SD, SMP, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya,'' jelasnya. 

''Jadi kita pemerintah kota untuk rekrutmen CPNS tahun 2019 ini berdasarkan yang pensiun. Kalau yang pensiun sebanyak 387orang, berarti sebanyak 387 orang juga yang akan kita terima untuk CPNS, walaupun sebenarnya kebutuhan kota Pekanbaru melebihi dari itu, tapi kita tetap menerima berdasarkan acuan jumlah yang pensiun,'' terangnya. 

Dijelaskan M.Noer, dari penerimaan CPNS dengan jumlah yang pensiun pada tahun ini diatur lagi untuk pembagian kuota CPNS ini. Sebanyak 70 persen diangkat melalui jalur dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), dan 30 persen dari jalur umum. 

Sementara untuk formasi apa-apa saja yang dibutuhkan, kita kembali mengacu kepada pegawai yang pensiun tadi. ''Jadi formasi mana saja yang ditinggalkan dan berapa jumlahnya, akan sama seperti itu yang akan kita rekrut dalam CPNS dalam tahun 2019 ini,'' ujar M Noer. rpz