Warga Cemas Saat Melintasi Jalan Rangau, Ini Penyebabnya


riaupotenza.com
Pipa Chevron di Bekasap Duri Bocor, tumpahan cairan fluida menggenangi areal tersebut.

DURI (RPZ) - Warga Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (18/6/2019) pagi dibuat kaget dengan adanya penampakan cairan yang keluar dari dalam tanah di areal PT Chevron Pasifik Indonesia.

Awalnya, kejadian tersebut diketahui warga saat melintas di Jalan Rangau Duri tersebut. Tampak heran dan takut terjadi hal tidak diinginkan, warga segera menjauh dari lokasi. 

"Keluar cairan di dekat pipa lokasi Chevron, takutnya terjadi hal yang tak diinginkan, kami segera menginggalkan lokasi," jelas Tedi, warga sekitar. Ia menjelaskan bahwa lokasi tersebut pagi itu telah di pasang garis pembatas. 

Ketika di konfirmasi, pihak PT Chevron melalui Manager Corporate Communication, Sonitha Poernomo menjelaskan, bahwa cairan tersebut merupakan cairan fluida yang keluar dari pipa kecil.

"PT Chevron Pacific Indonesia menemukan ada fluida yang keluar dari dalam tanah. Setelah dilakukan pengecekan ditemukan kebocoran kecil di pipa berukuran 6-inchi dari arah sumur Bekasap 42 di Desa Petani, Kecamatan Batin Solapan, Kabupaten Bengkalis," jelas Sonitha melalui keterangan tertulis.

Mendapati hal itu, tim tanggap darurat PT CPI turun ke lapangan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan penanganan yang tepat terhadap kejadian ini antara lain menghentikan tumpahan minyak, memperbaiki pipa yang pecah dan pembersihan lokasi kejadian. 

"PT CPI terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menangani kejadian ini," tukasnya. nji