RT/RW Harus Awasi Pendatang Baru


riaupotenza.com
Ilustrasi.

PEKANBARU (RPZ) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, meminta peran aktif Ketua RT/RW dalam mengawasi pendatang baru di wilayah mereka masing-masing, pasca usai Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah ini. 

Pasalnya, banyak para pendatang baru, yang mencoba peruntungan di kota Pekanbaru untuk mengadu nasib mereka. ''Uuntuk itu kita perlu lakukan pengawasan bagi pendatang baru, biasanya momen usai lebaran ini dimanfaatkan warga untuk datang dan menetap di Kota Pekanbaru,'' ujar kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Irma Novrita.

Dikatakan Irma, biasanya ada dua kategori pendatang yang masuk ke kota Pekanbaru. Pertama memang hanya sekadar berkunjung, dan yang kedua memang tujuannya untuk menetap tinggal di Pekanbaru.

Kalau untuk berkunjung saja kita tidak masalah. Namun bagi warga pendatang yang ingin menetap, tentu harus ada dokumen seperti surat pengantar pindah dari tempat asalnya, dan disini pun mereka juga harus mengurus dokumen surat pindah mereka. 

Irma menjelaskan, warga yang dikatakan pindah itu apabila dia sudah menetap di wilayah tersebut selama 1 tahun. Namun walupun belum sampai 1 tahun lamanya dia ingin pindah, dia tetap harus mengurus surat pindahnya, misalnya dia memang ingin pindah ke wilayah baru, tetap harus melaporkan ke Disdukcapil. 

Kalau kita lihat dari data Kepengurusan surat pindah di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, untuk pendatang memang mengalami penurunan usai lebaran ini, dibandingkan jumlah sebelum puasa kemarin. Biasanya sebelum puasa kemarin itu rata-rata diatas 100 orang pendatang per harinya, namun usai lebaran sampai H+3 itu rata-rata 70an orang pendatang saja dalam satu hari. rpz