Bersih, Tak Ada Laporan Perusahaan Nunggak Bayar THR


riaupotenza.com
Ilustrasi. Net

PEKANBARU (RPZ) - Untuk lebaran tahun ini, tidak ada laporan perusahaan yang menunggak bayar Tunjangan Hari Raya (THR) karyawannya.

''Nihil laporan tunggakan THR untuk tahun ini, semua bayar,'' kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Jhonny Sarikoen hari ini.

Jhonny, menilai kesadaran perusahaan cukup tinggi, dalam menunaikan kewajibannya kepada karyawan untuk membayarkan THR tepat pada waktunya, sehingga tidak adanya laporan yang kita terima hingga saat ini, dan kita apresiasi kepada pihak perusahaan yang telah paham akan hal itu. 

Karena kalau kita lihat dari kasus-kasus yang lalu, ada juga beberapa perusahaan memberikan alasan, karena kemampuan keuangan yang terbatas, sehingga terpaksa harus menunggak dalam pembayaran THR terhadap karyawannya. Namun tentu kita akan minta audit kondisi keuangan perusahaan tersebut. 

Kalau hasilnya menunjukkan adanya kemampuan bayar, tentu akan berikan sanksi terhadap perusahaan tersebut. Sanksinya bisa saja berupa teguran peringatan hingga pencabutan izin perusahaan tersebut.

Ditambahkan Jhonny, bahwa dari jauh-jauh hari pihaknya telah mengimbau kepada karyawan yang tidak mendapatkan THR dari perusahaannya, agar dapat melaporkan kepada posko pengaduan yang telah dibentuk Disnaker Pekanbaru, tetapi tidak ada yang melapor, berarti kan tidak ada perusahaan yang tidak membayarkan THR terhadap karyawan nya, dan semua bayar. 

Dan terkait adanya laporan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pekanbaru yang mengatakan ada 7 perusahaan yang tidak membayarkan THR karyawan, itu informasinya tidak benar, kalau ada tentu laporan nya sudah masuk ke kita. rpz