Transparansi Anggaran, Ini yang Dilakukan Kades Teluk Pantaian


riaupotenza.com
Baliho Transparansi RAB APBDes Desa Teluk Pantaian Kecamatan GAS.

GAS (RPZ) - Agar tidak ada kecurigaan warga soal penggunaan anggaran dana desa, Kepala Desa Teluk Pantaian  Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) H Abu Kasim memampang baliho dana desa. Adapun tujuannya guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan dana desa (DD) senilai Rp875.391.000 dan alokasi dana desa (ADD) Rp691.160.000 Dana Bagi Hasil Retribusi Rp4.535 100 Bagi Pajak Rp14.881.100. di tahun anggaran 2019.

“Sebagaian besar dana desa dialokasikan untuk pembangunan fisik sekitar 42.2 persen atau Rp638.928.300 antara lain sub bidang pendidikan, kesehatan,perkerjaan umum dan penataan ruang,serta bidang kawasan permukiman," jelas H Abu Kasim.

Sementara anggaran lainnya juga dipergunakan dalam bidang lain, misalnya pembinaan kemasyarakatan  Rp280.395.900 penyelenggaraan pemerintahan sebesar R 7.910.000  pengadaan modal pembentukan BUMdes dan Pelatihan Pengelolaan BUMDes.

“Semoga masyarakat bisa melihat anggaran yang ada di grafik ini dalam desa, agar tidak saling menuding antara masyarakat dengan pemerintah desa, dari anggaran yang ada semua berpihak kepada masyarakat Desa Teluk Pantaian. Selain itu dengan terbentuknya BUMDes dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Intruksi pemasangan baliho yang memuat desain RAB APBDes tersebut, sebelumnya telah disampaikan oleh Dinas Pemberdayaan Mayarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir Bahkan diagendakan rampung pada Agustus ini.

Tindakan itu mendapat sambutan positif dari warga seperti Taher (65) bahwa baliho tersebut membantu masyarakat memahami arah pembangunan desa. Sehingga tidak ada saling mencurigai maupun tuduhan negatif sehubungan pengelolaan anggaran.

“Ini sangat bagus dan jelas, jadi masyarakat bisa melihat anggaran melalui baliho ini juga pengalokasian anggaran di mana saja,” kata Taher. ujg