KUA Reteh Teladan 2019


riaupotenza.com
Kepala Kemenag, H Harun SAg MPd foto bersama kasi dan tiga KUA terbaik 2019 seusai penyerahan penghargaan.

TEMBILAHAN (RPZ) - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Reteh terpilih sebagai KUA teladan dengan nilai 640 tingkat Kabupaten Indragiri Hilir.

Sedangkan teladan II diraih oleh KUA Kecamatan Tempuling dengan nilai 633 dan teladan III ditempati KUA Kecamatan Batang Tuaka dengan nilai 625. 

“Pemenang KUA Teladan I berhak mengikuti seleksi sebagai peserta untuk KUA Teladan di tingkat Provinsi Riau yang akan dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau akan datang,’’ Kepala Kantor Kemenag Inhil, H Harun SAg MPd.

Kakan Kemenag berharap  KUA yang telah terpilih  benar-benar siap untuk mewakili Kabupaten Inhil serta dapat menorehkan prestasi pada ajang yang serupa di tingkat provinsi maupun nasional.

Atas prestasi tersebut para  KUA teladan I, II dan III juga memperoleh penghargaan berupa plakat, sertifikat dan uang pembinaan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Inhil, H Harun, SAg, MPd disaksikan Kepala Subbag Tata Usaha, Para Kasi, Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Indragiri Hilir.

Proses seleksi dan penilaian terhadap 20 KUA Kecamatan di lingkungan Kemenag Inhil tersebut telah dilaksanakan mulai dari tanggal Maret hingga Mei 2019 lalu.

Pada saat penyampaian pengumuman pemenang KUA teladan 2019, Kepala Seksi Bimas Islam H Hairuddin, SAg, MPd menyebutkan ada beberapa kriteria dengan tiga indikator yang menjadi fokus dalam seleksi dan penilaian KUA teladan ini, yaitu standar layanan dengan bobot nilai mencapai 50 persen, selanjutnya indeks kepuasan masyarakat dengan bobot nilai 30 persen dan inovasi dengan bobot nilai 20 persen.
 
“Hal inilah yang perlu disiapkan dan dilengkapi serta dilaksanakan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Kita harus mengubah paradigma pelayanan dengan sistem dan model pelayanan yang lama kepada yang baru. Apalagi saat ini kita berada di era digital dan kita harus menggunakan pelayanan dengan sistem digital pula, tidak lagi menggunakan sistem pelayanan dengan cara manual lagi” ungkap H Hairuddin.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Kemenag Indragiri Hilir nomor 25 tahun 2019, maka ditetapkan pemenang KUA teladan I yakni KUA Kecamatan Reteh dengan jumlah nilai 640, selanjutnya KUA Teladan II yakni KUA Kecamatan Tempuling dengan jumah nilai 633 dan KUA Teladan III yakni KUA Kecamatan Batang Tuaka dengan perolehan nilai 625.(fan).