Program Merangkai Pulau Bakal Terwujud


riaupotenza.com
Zul Asri

BENGKALIS (RPZ) - Program merangkai pulau yang disepakati antara Pemkab Bengkalis dengan Pemkab Kepulauan Meranti sepertinya bakal terwujud di Tahun 2020. Salah satu program itu adalah pembangunan pelabuhan Ro-Ro Desa Ketam Putih (Bengkalis) menuju Dakal, Kecamatan Tasik Putri Puyu (Kab. Kepulauan Meranti).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Dishub Kabupaten Bengkalis H Zul Asri, Kamis (23/5/2019). Menurut Zul Asri, tahun 2019 ini segala persiapan mulai dari pembebasan lahan serta rencana induk pelabuhan (RIP) disegerakan dan saat ini Dishub sedang menunggu koordinasi lanjutan dari Pemprov Riau dan pemerintah pusat.

“Master plannya sudah ada. Tinggal upaya lanjutan seperti penetapan rencana induk pelabuhan (RIP). Kemudian, pembebasan lahannya. Kita saat ini sedang menunggu kelanjutannya sesuai penganggaran nantinya,” kata Zul Asri.

Tak hanya Kabupaten Bengkalis saja. Tapi, kesiapan dari kabupaten tetangga, Kepulauan Meranti dalam program merangkai pulau ini juga terlihat. Tahun ini, Pemkab Kepulauan Meranti telah mengalokasikan anggaran Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Pelabuhan penyeberangan Dakal menuju Ketam Putih. Prosesnya sedang dalam tahap lelang dengan pagu anggaran sebesar Rp335 juta. kar