Bangkitkan Gairah Pariwisata Kampar Gelar Internasional Dragon Boat Festival 2019


riaupotenza.com

SATU Lagi iven Internasional yang akan di taja oleh Kabupaten Kampar yakni Kampar Internasional Dragon Boat Festival 2019 yang di gagas oleh Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Kampar dan seluruh pengurus.
''Semoga dengan Iven internasional ini pariwisata Kabupaten Kampar akan lebih bergairah dan bangkit. Dan menjadikan Kabupaten Kampar makin maju dan sejahtera,'' ungkap Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat mengikuti Rapat persiapan yang diadakan di lantai III Kantor Bupati Kampar, Senin (25/3).

Pelaksanaan Iven Dayung internasional ini akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 mendatang akan diikuti oleh lebih kurang sepuluh negara tersebut akan menjadikan Kawasan Danau Rusa sebagai lokasi.
Dikatakan Bupati Kampar bahwa Pemkab Kampar sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. ''Ini merupakan ide yang sangat bagus, kreatif dan brilian, Kampar punya potensi untuk itu,'' Kata Catur lagi.

Oleh sebab itu ia meminta dinas pariwisata untuk mengkaji, agar dapat menjadikan iven ini sebagai iven yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan Kepariwisataan Kabupaten Kampar.

''Kami sangat mengapresiasi ide yang di sampaikan Ketua dan pengurus PODSI Kampar,'' katanya lagi dihadapan seluruh Kepala OPD lingkungan pemerintah kabupaten Kampar, Camat XIII Koto Kampar dan manajemen PLTA Koto Panjang.
Sementara itu Sekda Kampar dalam membuka rapat agar disiapkan segala sesuatunya karena ini merupakan Iven internasional.

''Maka harus kita persiapkan dengan matang, baik konsumsi, akomodasi maupun hal yang mendukung suksesnya acara ini, termasuk melibatkan Kementerian Pariwisata RI,'' Kata Yusri.

Untuk mematangkan dan mensukseskan event itu, Bupati Kampar menggelar rapat persiapan panitia International Dragon Boat Festival di ruang rapat lantai tiga kantor Bupati Kampar, Selasa (7/5/2019) di Kampar Catur Sugeng Susanto mengajak semua pihak mensukseskan iven tersebut.

Rapat ini diikuti Ketua Pengurus Kabupaten Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kampar Letkol Infanteri Aidil Amin yang juga menjabat Dandim 0313/KPR,
Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs H Yusri MSi M Ipol, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, pengurus Podsi Kampar, panitia pelaksana IDBF, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah Kampar.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto berharap suksesnya penyelenggaraan Kampar Internasional Dragon Boat diiringi dengan suksesnya promosi daerah, terutama dibidang pariwisata. ''Bagaimana bisa sukses, tentu dengan perencanaan yang baik, matang dan serius dalam melaksanakan kegiatan itu,'' ujar Catur.
Catur juga mengharapkan kerjasama semua pihak, dinas maupun badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar harus bertanggungjawab mensukseskan kegiatan ini karena ini akan membawa nama baik daerah. Menurutnya, kalau iven ini sukses maka akan menjadi kebanggaan daerah.
''Tentu kedepan akan membawa image bahwa Kampar kaya akan alam, banyaknya destinasi wisata akan terwujud,'' ulasnya.
Ia mengakui bahwa selama ini kekayaan alam ini belum dikelola dengan baik.

''Sayang sekali tak dikelola dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat. Ini anugerah yang diberikan Allah SWT dan sudah menjadi kewajiban kita untuk memelihara dan mengelolanya. Bagaimana ini membawa multiplier effect,'' tegas Catur.

Ketua Pengkab PODSI Kabupaten Kampar Letkol Inf Aidil Amin dalam pemaparannya, rangkaian pelaksanaan International Dragon Boat Festival dilaksanakan di beberapa tempat, tidak hanya dilokasi penyelenggaraan dragon boat tetapi juga di beberapa lokasi seperti di Candi Muara Takus karena ada iven lain selain dragon boat tetapi juga ada beberapa kegiatan yang mempromosikan pariwisata Kampar seperti festival budaya, lomba memancing toman dan kemah wisata yang akan diikuti Pramuka Saka Wira Kartika se-Riau.

Sejauh ini, peserta untuk kegiatan dragon boat untuk kelompok internasional yang telah mengkonfirmasi keikutsertaannya kepada panitia sebanyak tujuh dari sepuluh negara yang diundang.

Kelompok kedua adalah kelompok nasional yang akan diikuti pedayung dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dari TNI AL dan AD. ''Kita ingin dapatkan iven pariwisatanya, berprestasi dibidang olahraga dan memajukan Kampar,'' beber Aidil.

Hingga Kini panitia telah melakukan beberapa persiapan seperti mempersiapkan landscape, area parkir, area pedagang tradisional dan area umum lainnya.

Sekda Kampar Yusri yang memimpin rapat menyampaikan, ada beberapa pertunjukan yang akan diperlihatkan kepada tamu-tamu dari luar negeri dan dari luar daerah Kabupaten Kampar diantaranya pertunjukan classic gong, hiburan tradisional, tari daerah dan lagu-lagu daerah. Selain itu ada kesempatan untuk memasarkan kuliner khas daerah.(adv)