SMPN 20 Pekanbaru Muliakan Siswa Yatim & Piatu


riaupotenza.com
Kepala SMPN 20 Pekanbaru, Zamhuri SPd menyerahkan santunan kepada siswa yatim dan piatu.

PEKANBARU (RPZ)-Memuliakan anak yatim adalah kewajiban setiap muslim. Karena anak yatim adalah sosok yang perlu dibantu secara materi maupun non materi. Ketiadaan orangtua tentu menjadi sebuah beban hidup yang harus dipikul oleh anak-anak yatim. Mereka butuh kasih sayang, butuh perlindungan, dan butuh keperluan hidup lainnya.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 20 Pekanbaru, Zamhuri SPd, Sabtu (18/5) di sela-sela kegiatan penyantunan siswa yatim dan piatu di lingkungan sekolah. Zamhuri menyebutkan, menjelang libur Idul Fitri 1440 H, pihak sekolah merasa perlu dan penting memberikan sedikit kehagian kepada para siswa yatim. Karena bagaimana pun, siswa yatim merupakan tanggungjawab bersama.

''Alhamdulillah, selama 2 pekan proses pembelajaran di bulan suci ramadan, kami berhasil mengumpulkan infak dan sedekah dari para siswa, guru, karyawan dan orang tua. Dana yang terkumpul ini kemudian kami salurkan kepada 33 siswa yatim dan piatu di lingkungan sekolah,'' ujar Zamhuri.

Diakui Zamhuri, memuliakan anak yatim akan menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap muslim. Melalui kegiatan itu juga sekolah ingin mengajari para siswa sejak dini akan rasa kepedulian, kebersamaan dan kecintaan terhadap sesama yang membutuhkan pertolongan, semisal anak yatim dan kaum duafa.

''Santunan yang diberikan oleh sekolah diharapkan dapat dipergunakan untuk keperluan lebaran idul fitri atau lainnya. Uang yang diberikan bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat seperti beli baju lebaran, sandal atau sepati. Intinya, sekolah ingin siswa yatim tidak merasa sedih saat idul fitri. Sekolah ingin, nuansa lebaran juga dirasakan oleh anak-anak yang kurang mampu dari segi finansial, seperti halnya anak yatim yang menjadi tanggungjawab bersama,'' beber Zamhuri.(yan)