Camat: Pak Gubri, Tolonglah Perbaiki Jalan Kami

Kerusakan Jalan Provinsi Lintas Bono Makin Parah


riaupotenza.com
Tengku Syafril SIP MSi Kondisi Jalan Provinsi Lintas Bono di Desa Petodaan menuju Teluk Meranti kondisi rusak parah.

TELUKMERANTI (RPZ) - Meski menjadi akses utama yang dibutuhkan ribuan masyarakat serta memiliki potensi wisata mendunia. Namun tak membuat pemerintah bersegera membenahi infrastruktur. Salah satunya, Jalan Lintas Bono yang melewati beberapa kecamatan di Kabupaten Pelalawan. Berstatus jalan provinsi, namun sudah belasan tahun kondisi jalan buruk tak kunjung dirampungkan pembangunannya.

‘’Pak Gubri, tolonglah perbaiki jalan kami, Jalan Lintas Bono, Jalan Provinsi ini semakin parah kondisinya,’’ kata Camat Teluk Meranti, Tengku Syafril SIP MSi, Selasa (21/5/2019).

Memang sebut Camat Tengku Syafril tidak semua badan jalan yang rusak dengan kondisi yang sangat sulit dilewati. Tapi, menjelang sampai ke Kelurahan Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti tempat dia berdinas ada beberapa titik yang parah.

‘’Jalan yang rusak itu ada sekitar 1,5 kilometer dengan kondisi berlobang di badan jalan sampai lebih 50 centimeter dalamnya dan berair. Sangat sulit dilewati. Kurang lebih 10 titik lah,’’ imbuhnya membeberkan rusaknya jalan yang telah mulai dibangun sejak era Bupati HT Azmun Jaafar SH tersebut.

Lokasi persis jalan buruk itu sambung mantan Kabag Ekonomi Setkab Pelalawan yakni di Jalan Lisbon Desa Petodakan dan Pesantren mantan Bupati Pelalawan H Rustam Effendi,MA. ‘’Melintas di jalur ini harus ekstra hati-hati, kalau tidak bisa-bisa terperangkap kendaraan terjebak lobang,’’ ungkapnya.

Tak hanya karena di Teluk Meranti memiliki destinasi pariwisata berlevel internasional, Wisata Bono yang memang telah diakui dunia, tapi juga untuk kepentingan masyarakat dalam banyak aspek sangat membutuhkan jalan Lintas Bono itu pembangunannnya segera dituntaskan.

‘’Ya untuk kepentingan masyarakat dalam rangka peningkatan ekonomi mereka dalam rangka melancarkan arus orang dan barang. Juga untuk pelayanan kesehatan yang maksimal. Bisa jadi kalau naik ambulan yang biasa ngebut tapi malah tersendat-sendat karena tak bisa tancap gas. Kesudahannya pasien yang menanggungnya,’’ ujarnya penuh harap sambil mengatakan, Jalan Lintas Bono yang dimulai dari Simpang Bunut hingga Kecamatan Kuala Kampar itu bagai urat nadi bagi masyarakat pesisir.

‘’Kalau sepeti ini kondisinya. Macam mana nak memajukan pariwisata, untuk mengangkut hasil pertanian, orang dan barang saja kepayahan,’’ sebutnya.

Tak hanya itu sambungnya, cukup penting juga disegerakan perbaikan Jalan Lintas Bono karena akan ada agenda keagamaan di Teluk Meranti. ‘’Teluk Meranti menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Pelalawan. Rencanya bulan Juli mendatang. Kalau lah kondisi jalan buruk, tentu dikeluhkan oleh kapilah yang akan dating juga masyarakat yang akanmenyaksikannya. Jadi kami berharap Pak Gubri atau tim suksesnya dulu bisa menjembatani harapan masyarakat ini,’’ pungkasnya. amr