Desember, Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Digunakan


riaupotenza.com
Gubernur Riau Syamsuar dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus meninjau progres pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai.

PEKANBARU (RPZ) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus meninjau seksi satu jalan tol Pekanbaru-Dumai. 

Saat tiba di ruas proyek jalan bebas hambatan tersebut, orang nomor satu di Riau dan Kota Pekanbaru tampak menyisiri mulai dari titik 0 hingga ke titik 8,7 kilometer dari total 9,5 kilometer panjang ruas di pembangunan tahap pertama hingga ke Minas, Siak. 

‘’Kita lihat pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah berjalan, bahkan untuk seksi satu ini sudah hampir tuntas,’’ kata Gubri.

Sebanyak tiga trase serta rencana untuk kota satelit yang ditinjau pada kesempatan tersebut. Gubri bahkan memberikan apresiasi atas progres pembangunan jalan bebas hambatan ini.

‘’Kunjungan dengan pak wali kota ke jalan tol ini untuk memastikan pintu keluarnya dimana, supaya tidak macet nanti Pekanbaru. Kemudian melihat ring road yang sudah disiapkan wali kota,’’ ungkap Gubri.

‘’Karena di dekat ring road yang sudah disiapkan akan ada jalan tol menuju Kampar, Kemudian ada juga jalan tol menuju Rengat dan Jambi,’’ papar Gubri.

Sementara, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, memastikan dari hasil perbincangannya bersama kontraktor pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, PT Hutama Karya (HK) bahwa pada sebelum akhir tahun, seksi satu jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah siap dioperasikan. 

‘’Seksi satu mulai dioperasikan Desember 2019,’’ jelas Firdaus.

Namun seperti apa teknis pengoperasian, belum tahu. Dengan akan tuntasnya proyek pembangunan jalan tol tersebut, artinya maka giliran seksi berikutnya yang dikebut.

‘’Sekarang semua seksi sedang jalan juga. Tapi tentu kalau ini sudah tuntas, seksi berikutnya semakin maksimal pula pengerjaannya,’’ katanya. 

Wali Kota mengatakan, pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki 6 session ini, sudah akan efektif pada Desember akhir tahun ini. ‘’Saat ini kontraktor tengah melakukan pengerjaan terowongan di bagian utara, yang mana ini nanti akan menghubungkan tol Pekanbaru-Padang, dan Pekanbaru-Jambi,’’ kata Firdaus.

Untuk menggesa pembangunan jalan tol yang nantinya bisa dinikmati masyarakat, Pemko Pekanbaru sudah melakukan pembebasan lahan sesuai dengan kewenangan masing-masing daerah. 

‘’Jadi kami dari Pemko Pekanbaru sudah melakukan pembebasan lahan yang peruntukannya untuk jalan tol Pekanbaru-Dumai. Untuk itu, kami berharap keberadaan Jalan tol ini akan memberikan manfaat yang besar,’’ ujarnya.

Wali Kota juga mengatakan, nantinya tol Pekanbaru - Dumai akan terkoneksi dengan jalur outoringroad atau Jalan Lingkar Luar Kota Pekanbaru. 

‘’Dengan semakin mudahnya akses jalan dan transportasi, semoga semakin bagus juga ekonomi masyarakat Riau tumbuh dan berkembang,’’ harap Wako. (ppg)