Pasca Tawuran Pemuda, Jembatan Siak IV  akan Dipasang Lampu


riaupotenza.com
Jalan akses menuju Jembatan Siak iv kalau malam gelap gulita karena tak ada lampu.

PEKANBARU (RPZ) - Pasca tawuran antar remaja di Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Kamis (16/5) pekan lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memasang lampu penerangan jalan dari Jembatan Siak IV menuju Jalan Sembilang, Rumbai.

Kepala Dinas PUPR, Dadang Eko Purwanto mengatakan, akses jalan jembatan Siak IV masih tanggungjawab Provinsi. Untuk itu perlu dilakukan pemasangan lampu tersebut.

“Ya, kita sedang berkoordinasi untuk pemasangan lampu akses jalan Siak IV. Nanti dari Dinas Perhubungan yang akan  menyiapkan penerangan jalan, titik mana saja yang akan dipasang  lampu penerangan,” kata Dadang.

Dijelaskan Dadang, untuk lampu penerangan jalan akses Siak IV memang sudah dirancang, namun anggarannya belum masuk di APBD 2019 ini. Sedangkan untuk lampu penerangan di Jalan Sembilang, masuk dalam tanggungjawab Pemko.

“Kerusuhan itu bukan karena tidak ada lampu penerangan, tapi memang kita perlu memasang lampu penerangan untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat. Untuk itulah perlu dikoordinasikan, baik dengan Dishub maupun dengan Pemko Pekanbaru,” ungkap Dadang.

Dari pantauan di lapangan, akses jalan dari Jembatan Siak IV menuju Jalan Sembilang belum memiliki lampu penerangan jalan, sehingga ketika malam kawasan ini menjadi gelap.

Kondisi ini dikhawatirkan bisa mengancam keselamatan pengendara.

“Sudah seharusnya dipasang penerangan jalan, karena gelap kalau malam. Bisa terjadi kejahatan kriminal, terutama bagi pengendara roda dua,” ungkap Rasyid, warga Jalan Sembilang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, menyayangkan terjadinya kerusuhan antar remaja yang mengakibatkan korban luka.

Demi kenyamanan dan keamanan masyarakat, sambung Sekda, pihaknya segera memenuhi keinginan masyarakat untuk memasang lampu jalan, karena penerangan juga akan mengurangi kecelakaan dan kejahatan.

“Kita berharap tidak ada kejadian yang terulang, apalagi ini di bulan Ramadan. Untuk penerangan jalan Insya Allah kita pasang lampu jalan,” kata Sekda.(PPG)