Minggu Depan, THR ASN Pemprov Riau Cair


riaupotenza.com
Ahmad Hijazi

PEKANBARU (RPZ) - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi di Pekanbaru, Kamis (16/5) mengatakan, soal pencairan tunjangan hari raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan dilakukan lebih cepat pada minggu depan.

Ia juga mengatakan, rencana pembayaran THR tersebut juga sudah disetujui Gubernur Riau, Syamsuar. “Kami usahakan minggu depan (THR, red) dibayar. Termasuk yang DPRD karena secara aturan tahun ini dapat THR satu bulan gaji. Ya beliau (Gubri, red) sudah setuju dan tidak ada masalah,” kata Hijazi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Setdaprov Riau, Syahrial Abdi menambahkan, bahwa untuk THR ASN akan dibayarkan pada 24 Mei mendatang.

“Insya Allah, THR akan dibayarkan 24 Mei. Untuk anggaran sudah kami siapkan satu bulan gaji pokok. Kalau biasanya kami bayar gaji ASN lebih kurang Rp20 miliar lebih, THR sekitar itu atau seperempat dari TPP Rp60 miliar,” ungkap Syahrial.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mulai mendistribusikan surat edaran pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) ke perusahaan.

Langkah ini berperan untuk mengingatkan pihak perusahaan agar mengikuti regulasi yang telah ditetapkan. Hal itu juga dikoordinasikan dengan stakeholder terkait di kabupaten/kota.

Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Rasidin Siregar mengatakan, dalam surat edaran tertera beberapa poin penting terkait THR tersebut. Meliputi aturan pembayaran THR bagi karyawan di suatu perusahaan berdasarkan masa kerjanya. Selanjutnya soal aturan waktu pembayaran THR dari perusahaan ke karyawannya.

“Dalam edaran tersebut sudah jelas disampaikan. Misalnya untuk waktu pembayaran, diharapkan perusahaan membayarkan THR dua pekan sebelum Idul Fitri,” urainya.

Dengan adanya surat edaran tersebut bermaksud mengingatkan pihak perusahaan yang ada di Riau agar tidak lalai melakukan kewajibannya dalam hal pembayaran THR. Selain itu pihaknya juga melakukan pengawasan dan siap menerima pengaduan terkait keluhan untuk penyaluran THR tersebut. (jun)