MAN 1 Pekanbaru Ujian Semester Berbasis Android


riaupotenza.com
Kepala MAN 1 Pekanbaru H Marzuki MAg saat meninjau ujian semester berbasis komputer dan android.

PEKANBARU (RPZ) - Terobosan baru dan sangat maju, dilakukan MAN 1 Pekanbaru. Untuk ujian semester siswa-siswi mereka, tak lagi perlu ribet pakai kertas. Mulai ujian kali ini sudah dilaksanakan pola ujian berbasis komputer dan android. 

Pantauan di MAN 1 Pekanbaru, Jalan Bandeng Pekanbaru, Senin (13/5/2019) ujian dengan IT ini berjalan lancar. Para siswa bisa langsung melihat sial ujian di android mmasing-masing. Dan, soal ujian pun satu siswa dengan siswa lain tidak akan sama. Sehingga tak mungkin mereka menyontek.

"Alhamdulillah berjalan lancar. Anak-anak nampak lebih mudah dalam mengikuti ujian. Ini adalah yang pertama kita coba, dan mudah-mudahan tak ada kendala dari awal hingga akhir ujian nanti," kata Kepala MAN 1 Pekanbaru H Marzuki MAg, di sela-sela meninjau ujian.

Menurut dia, ujian dengan Android ini diikuti sekitar 630 siswa dari MAN 1 Pekanbaru. Juga dari MAN 4 yang juga merupakan sekolah jauh dari MAN 1,  berlokasi di Muara Fajar. Di Muara Fajar ada sebanyak 140 siswa yang ikut ujian yang sama. Ia berharap, hasil ujian para siswa ini akan lebih baik. 

Pada kesempatan ini, Marzuki menyebutkan beberapa kelebihan pola ujian seperti ini. "Kalau pakai Android ini, selain mudah, anak-anak juga lebih jujur. Hasil ujian pun langsung masuk ke sistem kita. Dengan demikian, guru mata pelajaran bisa memantau hasil ujian anak. Lebih efisien dan banyak sisi positifnya," jelas Marzuki.

Nah, setelah hasil ujian diketahui maka guru mapel akan melakukan evaluasi. "Anak-anak kita yang hasil ujiannya di bawah standar kelulusan, itu saja yang akan diseriusi. Tetap ada remedial dengan sistem manual nanti, setelah semua ujian selesai. Namun begitu, saya yakin anak-anak bisa ujian dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula," katanya.

Ditanya kendala yang dihadapi dengan ujian seperti ini, mantan Kepala MTsN 1 Andalan dan Kepala MTsN 3 Bukitraya ini mengaku, secara teknis kendala tidak terlalu berat. Hanya soal jaringan internet, dan itu pun sudah diselesaikan masalahnya. Jadi, di ujian kali ini, baik di MAN 1 maupun di MAN 4 sudah berjalan baik dan sesuai harapan. 

Atas nama sekolah, Marzuki menyampaikan  terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut membantu suksesnya ujian pola ini. Terutama pihak komite sekolah yang membantu penyiapan sarana dan prasarana. Juga tentunya para guru MAN 1 dan para orang tua. Mudah-mudahan ke depan semua proses di sekolah akan berjalan dengan baik. rpz