Tingkatkan Nilai Ibadah Selama Ramadan

SMPN 16 Pekanbaru Gelar Pesantren Kilat


riaupotenza.com
Siswa SMPN 16 Pekanbaru mengikuti pelaksanaan kegiatan pesantren kilat di halaman sekolah.

PEKANBARU (RPZ)-Upaya meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT serta nilai-nilai ibadah di bulan suci ramadan, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 16 Pekanbaru melaksanakan kegiatan pesantren kilat selama empat hari, yakni 7-11 Mei.

''Alhamdulillah, siswa kelas VII dan VIII menyambut baik pesantren kilat ini sebagai upaya untuk meningkatkan iman dan takwa. Semoga momen ini menjadi momen berharga untuk menjadikan para siswa sebagai generasi muda Islami yang taat beribadah dan berakhlak mulia," ujar Kepala SMPN 16 Pekanbaru, Erliaty SPd.

Erliaty menuturkan, pelaksanaan kegiatan keagamaan bagi peserta didik di momen Ramadan tentu sangat tepat. Hal itu hendaknya bisa dijadikan wahana pembinaan dan penempaan kecerdasan emosional yang efektif bagi generasi muda.

''Pesantren kilat merupakan agenda positif. Dengan harapan generasi muda bisa memahami tentang keagamaan lebih baik. Dengan pesantren kilat, para pelajar dan siswa menjadi generasi yang cerdas dan soleh/solehah. Saya harap pesantren kilat bisa menjadi motivasi belajar bagi para peserta didik serta menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan di masa sekarang,'' ungkap Erliaty.

Agar sekolah bisa mengontrol kegiatan siswa selama ramadan, lanjut Erliaty, sekolah juga mewajibkan para siswa beragama Islam untuk mengisi buku amaliyah ramadan. Nantinya, buku amaliyah ramadan itu akan dikumpul dan dinilai oleh guru agama. Sehingga, mampu menjadi penunjang nilai keagamaan siswa. 

''Tugas ini dibebankan untuk menunjukkan bukti keikutsertaan siswa dalam menjalankan amalan ibadah selama ramadan, seperti salat lima waktu, mendengarkan tausiyah ramadan serta pelaksanaan salat tarawih. Tentunya ini akan menjadi penunjang nilai mata pelajaran keagamaan siswa sembari menanamkan pendidikan berkarakter,'' terang Erliaty.(yan)