Kericuhan Rutan Siak Ternyata Dipicu Kasus Ini


riaupotenza.com
Kondisi Rutan Siak Sabtu pagi.

SIAK (RPZ) - Kasus kerusuhan yang berujung pembakaran rumah tanahan (Rutan) Kelas II B Siak diduga karena dipicu dipergokinya blok tahanan wanita, Jumat (10/5/2019).

Saat sekitar pukul 21.00 WIB petugas sipir sedang melakuka  patroli. Saat tiba di ruang tahanan wanita, di salah satu blok petugas memergoki warga binaan tersebut menggunakan sabu.

Hal ini langsung dilaporkan ke Gatot pejabat Karutan. Selanjutnya, Karutan menghubungi Kasat Narkoba Polres Siak.Tiba di rutan, Kasat Narkoba bersama anggota melakukan pengembangan. Hasilnya, empat orang berhasil diamankan.

Menurut Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto SIK, identitas inisial tiga tahanan itu, IM, ZP dan DI. Terbukti, ketiga tahanan itu diamankan dan diantar ke ruang trap sel.

Saat berjalan ke trap sel, diduga salah satu tahanan mendapat pukulan dari pegawai rutan. Sehingga membuat para tahanan lain tidak terima atas perlakuan petugas rutan tersebut dan para tahanan mengamuk.

Nah, sekira 23.00 WIB para tahanan melakukan kerusuhan dengan menjebol pintu blok sel tahanan. Petugas rutan kewalahan dan menghubungi pihak Polsek Siak.

Saat suasana hendak ditenangkan petugas, sekitar pukul 01.30 WIB emosi beberapa tahanan semakin besar, lalu melakukan pembakaran di bagian depan bangunan rutan, Sabtu (11/5/2019) dini hari. Dari kerusuhan ini, ratusan Napi berhasil melarikan diri.

Polisi yang mendapat laporan langsung melakukan penyisiran hingga pukul 04.00 WIB. Dari jumlah napi dan tahanan sebanyak 648 orang, saat ini sudah sebanyak 110 orang Napi berhasil dievakuasi.

Tak hanya Napi, petugas juga mengamankan dua pucuk senjata jenis Glog dari total tiga pucuk. Selain itu, turut diamankan 5 senjata jenis Shootgun dari total enam senjata.

Terpisah, Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo yang turun langsung di lapangan mengatakan, saat ini situasi sudah mulai aman dan petugas sedang melakukan evakuasi tahanan. Dalan kasus ini juga tak ada petugas yang tertembak. rpz