Gerbang Masuk Ditutup dan Dijaga Ketat

Pengamanan di Kantor Camat Mandau Ditingkatkan


riaupotenza.com
Pengamanan ditingkatkan, gerbang masuk Kantor Camat Mandau ditutup dan dijaga ketat petugas kepolisian. =MAZWIN

DURI (RPZ)  -  Ada pemandangan yang tak biasa terlihat di Kantor Camat Mandau di Jalan Jenderal Sudirman Duri, Rabu (8/5/2019). Bagaimana tidak, gerbang utama masuk ke kantor orang nomor satu di Mandau itu yang biasanya terbuka lebar, tapi hari ini tampak ditutup dan dijaga ketat. Padahal itu masih di jam kerja.

Tak hanya itu, didepan gerbang maupun  didalam areal komplek Kantor Camat Mandau tampak puluhan anggota kepolisian dan personel TNI yang stand by dan berjaga-jaga. Bahkan hingga malam pengamanan teris bertambah dari Dumai dan Rohil.

Memang semenjak Kantor Camat Mandau menjadi tempat dilaksanakannya Rekapitulasi Penghitungan Suara hasil Pemilu 2019 oleh PPK Mandau, semenjak itu pula petugas dari anggota kepolisian maupun personel TNI ini yang berjaga-jaga disana. Namun biasanya tak sebanyak ini.

Tapi, hari ini tampak jelas kantor yang menjadi pusat pemerintahan di Kecamatan Mandau itu dijaga ketat oleh aparat kepolisian dan personel TNI. Bahkan tak tanggung-tanggung, aparat keamanan yang dikerahkan tidak seperti biasa, tapi puluhan anggota Polri dan puluhan personel TNI. 

"Hari ini tak seperti biasanya. Gerbang masuk kantor camat ditutup dan dijaga ketat. Setiap orang yang masuk ditanya petugas kepolisian yang berjaga," kata Andi salah seorang warga Mandau mengungkapkan. 

Ketua PPK Mandau, Shofiyu Rahman SH yang dikonfirmasi riaupotenza.com mengatakan diperketatnya pengamanan terkait akan dikembalikannya rekapitulasi penghitungan suara sesuai PKPU 4, yakni membuka C1 hologram kemudian cocokkan dengan C1 Plano, kalau tidak cocok baru hitung surat suara, terang Shofiyu. 

Hal itu dilakukan, kata Shofiyu lagi, sesuai hasil rapat bersama KPU Provinsi Riau dan Bawaslu Provinsi Riau tentang Penyelesaian Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan Mandau di Kabupaten Bengkalis pada hari Selasa 7 Mei 2019 kemarin. 

Dengan kesimpulan, agar KPU Kabupaten Bengkalis memerintahkan PPK Mandau untuk melanjutkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara dengan menambah kelas lebih dari 4 (empat) panel. Agar proses rekapitulasi selesai sesuai jadwal dengan dukungan penuh oleh KPU Kabupaten Bengkalis. Namun jika penghitungan sedang dilakukan dan perkiraan waktu tidak mencukupi, maka rekapitulasi penghitungan perolehan suara dengan cara penghitungan surat suara hanya dapat dilakukan apabila ada ketidaksesuaian Model C1-KPU terhadap Model C1-KPU Plano.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto SIK yang juga berada di Kantor Camat Mandau saat coba dikonfirmasi wartawan terkait adanya penambahan anggota dan peningkatan keamanan ditempat rekapitulasi penghitungan suara PPK Mandau. "Biasa saja," katanya singkat tak mau banyak mengomentari. 

Terpisah, Danramil 04/Mandau, Kapten (Inf) Y Mendrofa yang juga berada ditempat yang sama justru mengatakan, bahwa memang ada penambahan personel untuk memback up pengamanan. "Kemarin sebelumnya juga ada beberapa personel kita disini. Cuma kemarin tak sesibuk hari ini. Jadi, hari ini ada sekitar 14 personel kita yang ikut memback up pengamanan," tukasnya. maz