Siswa SMPN 33 Wajib Mengisi Amaliyah Ramadan


riaupotenza.com
Kepala SMPN 33 Pekanbaru, Wijayanti Sriutari SPd.

PEKANBARU (RPZ)-Guna memantau kegiatan para siswa selama bulan suci Ramadan, SMPN 33 Pekanbaru mewajibkan seluruh siswa kelas VII dan VIII yang beragama Islam untuk mengikuti tausiah agama di masjid sekitar tempat tinggal dan mencatat rangkuman tausiah dalam buku Amaliyah Ramadan.

''Tujuannya agar siswa mengikuti kegiatan ibadah di bulan Ramadan seperti puasa, tadarus Alquran, salat tarawih berjamaah dan mendengarkan serta mencatat isi ceramah agama yang disampaikan oleh para ustad di masjid mapun di musala di tempat tinggalnya masing-masing. Diharapkan seluruh siswa muslim benar-benar mengikuti secara aktif kegiatan amaliyah Ramadan,'' ujar Kepala SMPN 33 Pekanbaru, Wijayanti Sriutari SPd, Rabu (8/5).

Wijayanti menjelaskan, untuk menunjukkan bukti keikutsertaan dalam menjalankan salat tarawih, masing-masing siswa diberikan buku catatan ramadan yang harus ditandatangani oleh ustad atau penceramah.

“Setiap siswa diwajibkan untuk membawa satu buah buku untuk mencatat materi dan nama penceramah. Buku tersebut selanjutnya akan diperiksa oleh guru agama di sekolah dan nantinya akan diberikan penilaian. Tentunya ini akan menjadi penunjang nilai mata pelajaran keagamaan siswa sembari menanamkan pendidikan berkarakter,'' paparnya.

Diakui Wijayanti, tujuannya bukan untuk riya atau ibadahnya dipuji orang lain. Namun sebagai penyemangat siswa dan catatan rangkaian kegiatan ibadah di bulan Ramadan. 

''Jadi, menanamkan keikhlasan kepada siswa agar beribadah bukan karena buku, namun memang kewajibannya sebagai seorang muslim untuk beribadah,'' tegas Wijayanti.

Untuk diketahui, jelang pelaksanaan Ujian Semester (US) genap tahun pelajaran  2018/2019 pada 13 Mei mendatang, SMPN 33 Pekanbaru menggelar kegiatan pesantren kilat selama empat hari, 7-10 Mei. 

Giat pesantren kilat itupun diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, seperti tadarus Alquran, pembelajaran salat jenazah, bengkel Alquran atau memperbaiki bacaan alquran siswa, tausiah agama, infak/sedekah, salat berjamaah dan kegiatan lainnya.(yan)