Pleno Ditunda, Satu TPS di Bathin Solapan Harus Pemungutan Suara Ulang


riaupotenza.com

BATHINSOLAPAN (RPZ) - Akibat adanya indikasi pelanggaran Pemilu, Rapat Pleno di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis yang dijawalkan Sabtu 20 April 2019 tertunda.

Hal tersebut ditenggarai adanya 3 orang pemilih yang tidak memenuhi syarat menggunakan hak pilihnya di TPS 4 Desa Tambusai Batang Dui Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis yang memilih tanpa menggunakan form A-5 dan tidak tercantum di form A-4 KPU.

Ketua Panwaslu Bathin Solapan, Ade Saputra SIP bersama jajarannya melayangkan surat ke PPK Bathin Solapan perihal rekomendasi Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS tersebut. 

"Rekomendasi Panwascam Kecamatan Bathin Solapan No. 08/K.RI-04/PM.00.02/IV/2019 adanya temuan di TPS 04 Desa Tambusai Batang Dui pelanggaran Pemilu sehingga rekomended Panwascam dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU)," kata Ade Saputra, Sabtu 20 April 2019.

Tindak lanjutnya, Ketua PPK Bathin Solapan, Patriadi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh partai politik peserta pemilu di Bathin Solapan atas ditundanya rapat pleno tersebut. 

"Rapat pleno penghitungan suara ditunda dahulu. Sebab ada 1 TPS yang mesti Pemungutan Suara Ulang," katanya. 

Hingga saat ini, di Kecamatan Bathin Solapan baru 1 TPS yang wajib melakukan pemungutan ulang, sementara pelanggaran lain yang bersifat fatal belum ditemukan. Namun, saat Pemilu 17 April 2019 lalu, banyak ditemukan surat suara yang kurang di berbagai TPS di Kecamatan pemekaran Mandau tersebut. nji