Ngidap Kanker Hati, Siswi MTsN Ini Hanya Bisa Terbaring Lemas


riaupotenza.com
Perwakilan IDI Rohil, saat mengunjungi Rizka Jumita Sari, yang menderita Kanker Hati, Sabtu (20/4/2019).

UJUNGTANJUNG (RPZ) - Sungguh malang nasih Rizka Jumita Sari. Siswi yang masuk duduk di kelas VII MTsN Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil ini divonis mengidap penyakit kanker hati.

Tak ada yang bisa dilakukannya. Sejak mengidap sakit tersebut, sejak tiga bulan belakangan ini, Jumita Sari hanya bisa terbaring diatas tempat tidur.

Rizka Jumita Sari kini berusia 14 tahun. Ia merupakan anak kedua dari empat bersaudara pasangan dari Yurisman dan Umi Kalsum dan tinggal di Jalan Alkautsar Kepenghuluan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir.

Yurisman selaku orang tua Rizka Jumiita Sari kepada awak media, bahwa  penyakit anak perempuannya ini sudah hampir tiga bulan dirasakan Rizka Jumita  Sari.

Yurisman orang tua Jumita mengatakan, saat ini anaknya tidak dapat sekolah karena sakit yang dideritanya hingga mengalami kondisi tubuh yang semakin hari semakin kurus dan pucat dengan perut semakin membesar.

Awalnya Rizka Jumita Sari hanya mengalami panas pada ulu hatinya. Namun semakin hari anaknya tidak sanggup menahan sakitnya.

"Sebenarnya, anak kami ini sudah pernah dibawa ke Rumah Sakit Umum di Duri untuk di Scaning  dengan tujuan untuk mengetahui kepastian  apa penyakitnya. Menurut pihak medis, anak kami mengidap penyakit Kanker Hati. Sehingga, pihak medis saat itu menyarankan agar anak kami dilakukan pengobatan dengan Chemotherapy," paparnya. 

Tapi, karena keadaan keuangan, keluarganya yang hanya bergantung dari hasil buruh bangunan dan ibunya hanya berjualan kecil-kecilan di sekolah yang tidak jauh dari rumah mereka. Sehingga, buah hatinya itu hanya bisa dirawat di rumah dengan obat seadanya. 

"Untuk itu kami berharap uluran tangan dari masyarakat atau pemerintah Rohil, agar bisa membantu dana untuk anak kami ini," harapnya.

Kondisi Jumita ini ternyata diketahui oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Rohil. Ketua IDI Rohil, dr Suratmin SpA langsung memerintahkan tiga orang anggotanya, dr. Meliana, dr Suaidah dan dr Feli melakukan kunjungan ke rumah Rizka Jumita Sari, Sabtu (20/4/2019). Selain mengunjungi, IDI Rohil juga menyalurkan sedikit bantuan.

Suratmin mengatakannya, bahwa pihaknya juga akan mengurus BPJS Rizka Jumita Sari. "Karena pengobatan nanti memkan waktu yang panjang dan butuh biaya besar, sehingga sangat perlu BPJS itu," kata Suratmin.

Selain itu, pihaknya juga memperbaiki keadaan umum, seperti asupan gizi, cek laboratorium untu menilai anemia atau tidak. "Kami juga menganjurkan di rawat di rumah sakit, serta memotivasi orang tua dan anak, agar tetap semangat sehingga pengobatan dapat berjalan terus menerus," ungkap Suratmin. fen