24 April Pilpres Ulang di TPS 01 Teluk Beringin


riaupotenza.com
Sekdakab Pelalawan Drs HT Mukhlis, M.Si saat melaporkan hasil Pilpres kepada Gubri melalui video conference.

PANGKALANKERINCI (RPZ) - Direncanakan 24 April mendatang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pasangan Capres Cawapres 01 Jokowi-Maaruf Amin dan pasangan 02 Prabowo-Sandi akan diulang. Pilpres susulan ini akan dilaksanakan di TPS 01 Desa Teluk Beringin Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau disebabkan warga tidak bisa memberikan hak pilihnya karena surat suara tidak ada.  

‘’Adapun permasalahan yang terjadi dalam Pemilu 2019 yakni ada satu TPS di Desa Teluk Beringin Kecamatan  Kuala Kampar tidak ada surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan mengadakan pemilihan susulan yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2019,’’ jelas Sekadakab Pelalawan, Drs HT Mukhlis MSi, Ahad (19/4/2019).

Tak disebut apa kendala hingga surat suara untuk Pilpres tersebut tidak ada saat hari pemilihan berlangsung, Rabu, 17 April lalu itu. Hal ini telah dilaporkan juga oleh Pemkab Pelalawan kepada Gubernur Riau Syamsuar saat melakukan Video Conference terhadap hasil Pemilu pada Kamis (18/4/2019).

Diakui Sekda pada Pemilu tahun ini antusias masyarakat untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden cukup tinggi. Selain tidak adanya kertas suara untuk Pilpres di Kabupaten Pelalawan juga terjadi kekurangan kertas surat suara. Hanya saja dibeberapa TPS sudah langsung dapat diatasi oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) dengan mengambil surat suara yang ada di TPS lainnya dalam wilayah kelurahan atau desa dengan persetujuan KPU Provinsi Riau.

Tengku Mukhlis membeberkan prosentase tingkat pemilih dalam Pemilu serentak tahun 2019 ini sebesar 82 persen. Kata dia, berdasarkan hasil rekapitulasi sementara suara untuk Capres dan Cawapres pasangan Jokowi-Maaruf Amin meraup suara di Kabupaten Pelalawan  dengan persentase 44,87 persen. Sedangkan pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Sandi mendulang suara dengan persentase 55,13 persen dari 942 TPS yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Pelalawan. amr