Demi Keamanan, Jembatan Siak IV akan Ditutup Sementara


riaupotenza.com
Gubri Syamsuar mengunjungi Jembatan Marhum Bukit (Jembatan Siak IV) bulan lalu sesaat akan dibuka untuk umum. Gubri didampingi Sekda Provinsi Riau, Kadis PU, Kadishub dan pejabat terkait lainnya.

PEKANBARU (RPZ) - Sejumlah peralatan pengaman Jembatan Marhum Bukit atau Jembatan Siak IV hilang dicuri orang tak dikenal. Mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau pun akan melakukan penutupan sementara.

Penutupan tersebut demi mengantisipasi kejadian berbahaya yang tidak diinginkan sampai adanya perbaikan terhadap jembatan tersebut.

Menurut Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto, rencana penutupan jembatan itu akan dilakukan setelah melakukan pengecekan pada jembatan, karena pengamanan yang hilang atau dicuri orang tak bertanggung jawab itu mengkhawatirkan pada jembatan. Maka itu akan dilakukan penutupan sementara sampai adanya perbaikan.

“Penutupannya sampai selesai diperbaiki saja, jika tuntas akan dibuka kembali,” kata Dadang akhir pekan lalu.

Adapun alat pengamanan yang hilang tersebut, jelasnya, yaitu beberapa baut penyangga jembatan yang merupakan kunci untuk menahan kekuatan jembatan. Baut yang hilang itu terjadi pada penyangga lama yang dibangun sebelumnya, maka itu sangat dikawatirkan akan menimbulkan bahaya.

“Sebenarnya sudah banyak peralatan jembatan ini yang dicuri, seperti kabel penangkal petir, realing juga dicuri,” jelasnya.

Terkait pengawasan jembatan ini, ia mengakui pengawasan berjalan dan tidak berupa pengawasan diberikan petugas yang mengawas, perawatan jembatan ini sama dengan pengawasan jalan sebagaimana biasannya artinya untuk menjaganya juga kembali kepada masyarakat untuk bersama-sama.

“Kan tidak mungkin juga jembatan ini ditongkrongi setiap hari, maka itu kita imbau masyarakat untuk bisa sama-sama menjaga karena juga merupakan kebutuhan bersama,” ujarnya.(dre)