176 Siswa SMK Negeri 3 Mandau Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian


riaupotenza.com
Pelaksanaan UKK di SMKN 3 Mandau turut dimonitoring oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau. =MAZWIN

BATHIN SOLAPAN (RPZ) - Untuk meningkatkan kompetensi peserta didik sebagai persiapan menghadapi dunia kerja sesuai kebutuhan Dunia Industri, SMK Negeri 3 Mandau melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Acara pembukaan Uji Kompetensi Keahlian telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kepala SMK Negeri 3 Mandau, Agus Subagiyo ST MSi kepada riaupotenza.com, hari ini. "Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan tahap evaluasi dan penilaian Kompetensi Keahlian peserta didik selama 3 tahun belajar sebagai syarat kelulusan siswa SMK," ungkapnya. 

Acara dibuka langsung Ketua Komite SMK Negeri 3 Mandau, Bapak H Nasir Sya’ban dan Kepala Sekolah Bapak Agus Subagiyo. Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 3 Mandau dimulai sejak tanggal 4 April hingga tanggal 11 April 2019. Acara Pembukaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 3 Mandau langsung dihadiri oleh Penguji Eksternal dari Dunia Industri. 

Pada tahun ini, kata Kasek Agus Subagiyo menjelaskan, yang akan melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Negeri 3 Mandau berjumlah 176 orang siswa. Dengan kompetensi keahlian yakni, Teknik Pemboran Minyak, Teknik Produksi Perminyakan, Teknik Survey  Pemetaan, Geologi Pertambangan, Kimia Industri, dan Teknik Pemesinan. Adapun Penguji Eksternal untuk kompetensi keahlian Teknik Pemesinan adalah dari PT. Pembangunan Abadi Andalas Agung , Kompetensi Keahlian Kimia Industri dari PT Pelita Agung Agrindustri, Teknik Pemboran Minyak dari PT Matra Unikatama, Teknik Produksi Perminyakan dari PT Sarana Pembangunan Riau Langgak, Teknik Survey Pemetaan dari PT Hasanah Surveyor Raya Pekanbaru, dan Geologi pertambangan PT Jasa Tambang Nusantara Kalimantan Timur.

"Semoga dengan adanya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini akan meningkatkan kompetensi keahlian siswa sesuai bidang masing-masing dan siswa siap terjun ke Dunia Industri," harapnya.   

Ia juga menambahkan, pada hari Senin (8/4/2019) kemarin, pelaksanaan Uji Kompetensi Keahliaan (UKK) di SMK Negeri 3 Mandau langsung dimonitoring oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Bu Ailin. Pada kesempatan itu, Bu Ailin menyampaikan semoga Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMKN 3 Mandau bisa menyiapkan siswa lebih berkompeten dibidang masing-masing dan bisa siap untuk bekerja di dunia industri.  maz