Saksi Tak Hadir, Sidang Pencatut Nama Kapolda Ditunda


riaupotenza.com
Inilah proses sidang dua terdakwa pencatut nama Kapolda, Gustami alias Akiong dan Sirip alias Acin, saat di PN Rohil, Rabu (10/4/2019) malam.

UJUNGTANJUNG (RPZ) - Sidang lanjutan terdakwa pencatut nama Kapolda Riau, Gustami alias Akiong dan Sirip alias Acin harus ditunda majelis hakim Pengadilan Negeri Rohil, Rabu (10/4/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB. 

Penundaan itu karena saksi pelapor lainnya belum bisa dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum ( JPU ). "Kami memohon majelis hakim dapat melanjutkan sidang pada Senin (15/4/2019) mendatang," kata JPU, Maruli Tua Sitanggang SH kepada Hakim Ketua Faisal SH MH didampingi dua hakim anggota Lukman Nulhakim SH MH dan Boy Paulus Sembiring SH.

Mendengar itu, Faisal menanyakan kepada terdakwa dan Penasehat Hukum (PH) Selamat Sempurna Sitorus SH dkk. "Kami tidak keberatan yang mulia," ujar para PH terdakwa serentak.

Sementara itu, terdakwa Sirip alias Acin mengajukan surat penangguhan penahanan. "Hal ini belum dapat kami putuskan sekarang, dan akan kami musyawarahkan dulu," kata Faisal.

Setelah itu, majelis hakim langsung menutup sidang itu, dan menjadwalkan kelanjutan sidang itu pada Senin (15/4/2019) mendatang. "Sementara ini sidang kita tutup dahulu, dan kita lanjutkan Senin depan," kata Faisal SH MH, sambil mengetuk palu tanda ditutupnya sidang itu.

Pada sidang sebelumnya, sebanyak empat orang saksi dimintai keterangannya sekaligus dalam sidang. Empat orang saksi itu merupakan para pemilik dok atau galangan kapal yang beroperasi di Bagansiapiapi dari 11 orang pemilik dok yang ditipu terdakwa sebesar Rp60 juta 27 September 2018 lalu. 

Mereka yakni, Andi alias Aka (31), Johan alias Awan (53), Septiman alias Ayong (37) dan Ka Ing (56). Aka, Awan dan Ayong merupakan orang yang melaporkan kasus ini ke Polres Rohil. fen