Tak Punya KTP Elektronik, Warga Bisa Memilih, Tapi Ada Syaratnya


riaupotenza.com
H Syamsuar

PEKANBARU (RPZ) - Di hari pencoblosan serentak pemilihan Presiden dan Legislatif, warga Provinsi Riau yang tidak memiliki E-KTP dipastikan dapat memberikan suaranya pada Rabu (17/4/2019) mendatang. Namun, harus ada syarat yang harus dipenuhi warga yakni surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan pihak kecamatan setempat. 

Hal ini, disampaikan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Senin (8/4/2019). Hal ini terkait masih banyaknya ditemukan warga yang belum memiliki E-KTP. 

Untuk memgantasi hal ini, mantan Bupati Siak ini mengimbau agar seluruh Camat se-Riau, dapat mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) ke masyarakat.  ''Kita minta kepada seluruh Camat se-Riau menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilu nanti. Kalau belum memiliki E-KTP, sekarang dengan Suket saja sudah bisa,'' kata Syamsuar kepada, seluruh Camat di salah satu hotel Jalan Sudirman.

Imbauan tidak hanya disampaikan Syamsuar terhadap seluruh Camat se-Riau, masyarakat juga diimbau, agar turut berpartisipasi memberikan suaranya dengan datang ke TPS. 

Penggunaan Suket bagi masyarakat yang belum memiliki E-KTP ini, lanjut Syamsuar tertuang dalam surat yang dikeluarkan Makamah Konstitusi (MK). ''Maka harapan kita, agar Camat se-Provinsi Riau, agar bisa memberitahukan kepada masyarakat kita agar memberikan hak pilihnya nanti di TPS,'' pinta Syamsuar.

Selain itu, dalam proses Pemilu serentak ini merupakan tugas nasional. Para Camat juga diminta untuk tidak menyebarkan isu-isu yang mengandung unsur SARA, hujatan kebencian, fitnah dan lainnya. rpz