Peran Komisi II DPRD Bangun Jalan Terbaik


riaupotenza.com

SELATPANJANG (RPZ) -Jalan Pramuka, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti dijadikan sebagai jalan percontohan bagi pembangunan jalan-jalan di pusat kecamatan lain. Hal itu tidak terlepas atas peran jajaran Komisi II DPRD setempat.

Tak pelak jalan yang memiliki panjang 1,4 Km itu telah rampung dikerjakan, dan saat ini menjadi satu-satunya ruas jalan terbaik se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Selain berfungsi sebagai akses penghubung, Jalan Pramuka  menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat, khususnya bagi pejoging dan pesepeda.

Dalam mewujudkan hal itu, tidak kurang Rp29,8 milliar telah digelontorkan. Seperti diterangkan oleh jajaran Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Musdar Musthafa, yang juga sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar Meranti. 

"Iya jalannya sudah selesai. Dan selesainya pembangunan Jalan Pramuka itu memang tidak terlepas atas peran dari banyak pihak, terutama Komisi II DPDR Kabupaten Kepulauan Meranti. Terlebih saya selaku jajaran komisi yang juga berasal dari dapil sini," ungkapnya, Selasa (26/3/19) siang. 

Musdar Musthafa

Menurutnya, selain menjadi akses penghubung, jalan tersebut juga menjadi simbol keberhasilan Pemkab dan DPRD Kabupaten Kepulauan dalam menjalankan pembangunan yang memperhatikan kehidupan sosial. 

Namun yang perlu menjadi pertimbangan, ia menggesa Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melengkapi fasilitas pendukung lain, seperti Penerangan Jalan Umum (PJU) rambu rambu jalan dan penghijauan.

"Tapi jalan yang sudah dibangun ini butuh pelengkap seperti PJU, pohon pelindung, dan rambu rambu. Untuk itu saya minta OPD terkait agar tahun ini sudah bisa dikerjakan," ujarnya. 

Untuk itu ia juga berharap kedepan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tetap melaksanakan program pembangunan dengan memperhatikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Dengan begitu fungsi pembangunan infrastuktur di Meranti bisa dinikmati semua kalangan. 

"Konsep pembangunan Jalan Pramuka sangat bagus. Ini adalah terobosan pembangunan infrastuktur di Meranti tidak hanya untuk pengguna kendaraan bermotor saja, Jalan Pramuka juga bisa dijadikan tempat rekreasi yang murah bagi semua kalangan," ujarnya. 

Untuk mewujudkan itu, melalui Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU PRPKP), Pemkab Kepulauan Meranti kembali akan membangun beberapa item fasilitas tambahan. 

Kabid Bina Marga, DPUPRKP Kepulauan Meranti, Syamsul Bakhri telah mengusulkan penambahan item fasilitas pendukung tersebut. Menurutnya untuk pembangunan PJU telah diusulkan ke Bagian Ekonomi SDA Sedakab Meranti. Selanjutnya tambahnya lagi, dalam pengembangan penghijauan juga telah diusulkan ke DLH.  

"Konsep pembangunan jalan itu sejalan dengan intruksi pak Bupati (Drs H Irwan MSi). Dia ingin ada satu ruas jalan yang menjadi percontohan pembangunan infrastruktur di Meranti. Ruas jalan itu nantinya akan menjadi acuan bagi pembangunan ruas jalan di Pusat Kecamatan di Meranti," ujarnya.

Apalagi Pemkab Meranti juga merencanakan membangun Kantor Bupati di Jalan Pramuka. Sehingga harus memiliki kualitas jalan yang terbaik dan mudah diakses masyarakat.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, ke depan ruas jalan tersebut, tambahnya akan dihubungkan dengan Jalan Banglas, Perumbi hingga ke Jalan Sungai Niur di Desa Alah Air.

“Dengan begitu, komplek perkantoran Bupati Kepulauan Meranti bisa diakses warga dari berbagai arah," tambahnya. (adv)