Gemuruh Air Terjun 86 Siap Menyapa Wisatawan


riaupotenza.com
Lokasi wisata Air Terjun 86, Kemuning.

Mari kita menjelajah paling ujung selatan di Indragiri Hilir, Desa Keritang Hulu Kecamatan Kemuning. Disana ada tempat objek wisata menarik yang wajib kita dikunjungi. Tidak perlu melancong keluar negeri atau menghabiskan uang banyak dipusat-pusat perbelanjaan mahal. Sebab Kabupaten Indragiri Hilir, memiliki Air Terjun 86 Kemuning.

Jarak​ tempuh menuju ke Air Terjun 86 ini memerlukan waktu sekitar 5 jam dari Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Kota Tembilahan. Berjarak sekitar 14 Km dari jalan raya Lintas Timur Sumatra, atau 4 km dari Selensen. Kondisi jalan ke obyek wisata ini berupa jalan tanah, sehingga dapat dicapai hanya kendaraan roda dua atau bisa juga kita menggunakan kendaraan roda empat (double gardan,red)

Rasa penasaran tentang Bukit 86 semakin memuncak ketika kita sudah sampai Kecamatan Kemuning. Riaupotenza.com yang baru pertama akan berkunjung ke lokasi Air Terjun 86 tersebut, harus beristirahat semalam. Karena tiba di Kecamatan Kemuning jam sudah menunjukan pukul 20.30 Wib. Waktu ini​ disempatkan untuk bersilaturahmi dengan Iwan Syahputra​ teman seprofesi di Media Harian Posmetro Indragiri.

Suasa malam sangat jauh berbeda dengan Tembilahan, Kemuning yang suasananya lebih adem. Kemuning merupakan daerah perbukitan dan menjadi salah satu daerah yang geografisnya dataran tinggi. Malam semakin larut, cerita tentang sukarnya sampai kelokasi dari beberapa teman masih terbayang dipikiran, riaupotenza.com hanya punya tekat harus sampai ke Air Terjun di bukit 86.

Anggrek Rimba dan Panorama Perbukitan

Akses​ menuju lokasi berupa jalan tanah dengan beberapa tanyakan yang perlu dilalui. Dibeberapa titik lokasi dalam perjalanan kita dapat melihat bunga-bunga angrek rimba tumbuh secara liar dibahu jalan serta panorama perbukitan Taman Nasional Bukit Tigapuluh yang sebahagiannya masih terlihat terjaga.

Gemuruh Air yang Menakjubkan

Dari jarak 10 meter mulai terdengar gemuruh hempasan air terjun 86. Dari ketinggian kurang lebih dengan debet air yang cukup besar dengan kemiringan sudut hampir 90 derajat, dilokasi air terjun 86 tidak hanya memiliki air terjun semata, tetapi juga memiliki beberapa keunikan, sekitar jarak 10 meter terdapat watter refleksi alami dan sumber mata air dari celah yang dapat diminum secara langsung oleh pengujung yang kononnya dapat melegakan penapasan.

Fasilistas dan Transportasi​ Dilokasi yang Menunjang​ 

Memang sungguh indah objek wisata di Air Terjun 86. Namun yang perlu dibenahi adalah akses penunjang menuju lokasi dan transportasi kelokasi serta​ fasilitas atau tempat istirahat bagi pengujung bagi wisatawan yang mau bermalam dilokasi objek wisata air terjun 86. ujg