Pembongkaran Kotak Suara Dikawal Brimob


riaupotenza.com
Proses pembongkaran logistik surat suara di depan kantor KPU Rohil yang telah tiba Rabu (13/3) dini hari.

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Setelah menempuh perjalanan selama sepekan, akhirnya 3466 kotak logistik surat suara Pemilu 2019 turun di KPU Rohil, Rabu (13/3) kemarin.

Surat suara dibawa menggunakan tiga unit armada yang sampai di Bagansiapiapi sekitar pukul 00.15 WIB. Truk bermuatan dokumen negara itu diinapkan di KPU Rohil sekitar pukul 02:10 WIB.

Ketua KPU Rohil Supriyanto SPi MSi ketika dikonfirmasi Posmetro Rohil menjelaskan, setelah sampai dini hari itu maka pagi harinya baru dilakukan bongkar muat sekitar pukul 11.00 WIB.

Adapun jumlah surat suara sesuai berita acara ada sebanyak 2.035.167. Namun apakah jumlah ini sesuai dengan kebutuhan nanti akan dilakukan penghitungan kembali sekaligus pensortiran dan pelipatan.

‘’Yang sudah tiba hari ini ada sebanyak 3466 box. Dan ini belum dihitung berapa yang diterima. Apakah ada kekurangan atau kelebihan,’’ kata Supri.

Saat ini KPU sebatas menerima barang. Terkait mutu surat suara maka akan dilakukan sortir. Apakah ada noda, cacat atau koyak yang apabila ditemukan termasuk jenis surat suara rusak.

Sambung Supriyanto, sejumlah logistik itu akan ditempatkan untuk pelipatan suara di kantor KPU surat suara DPR RI, kemudian di GOR untuk surat suara Presiden, kemudian di gedung UNRI untuk DPRD, DPRD Provinsi dan surat suara DPD. Setiap lokasi penyimpanan dan pelipatan dikawal langsung oleh petugas kepolisian.

‘’Besok Kamis langsung dilakukan sortir dan pelipatan, disamping itu juga dilakukan penghitungan. Dilihat dari armada ada sebanyak tiga armada, di perjalanan selama tujuh hari dari Bogor. Terkait armada memang bukan dari bagian kita, KPU hanya penerima barang,’’ ungkapnya.

Pantauan di lokasi pembongkaran, tampak dikawal ketat anggota personil kepolisian dan Brimob. Sepanjang proses itu berlangsung tertib dan lancar. (iin)