Pelalawan Ditetapkan Siaga Darurat Karlahut


riaupotenza.com
Tim Karlahut sedang mmemadamkan api di lokasi kebakaran.

PANGKALANKERINCI (RPZ) -Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) cukup dikuatirkan akan terus bertambah. Jika terus terjadi tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, karena akan terpapar asap. Sebagai langkah antisipasi, Pemkab Pelalawan telah menetapkan Siaga Darurat Bencana Karlahut terhitung, Selasa (12/3/2019) telah menetapkan Status Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Karhutla Kabupaten Pelalawan Tahun 2019. Status Siaga ini sampai 31 Maret mendatang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Drs H Hadi Penandio MSi,  Rabu (13/3/2019) menjelaskan, penetapan Status Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Pelalawan Tahun 2019 diidasar perpertimbangan dan alasan diantaranya dari analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kata mantan Kasatpol PP Pelalawan, berdasarkan prediksi BMKG juga puncak cuaca ekstrim terjadi pada awal Juni sampai Oktober mendatang. ‘’Di mana masuk musim kering. Suhu udara biasa cukup panas, curah hujan sangat sedikit. Masa-masa inilah yang dikhawatirkan terjadi Karhutla,’’ ujarnya sambil menyebutkan hingga saat ini curah hujan minim, terkadang hanya hujan lokal saja.

Penetapan status ini juga sambungnya, sebagai respon atas kondisi Karlahut di Kabupaten Pelalawan. ‘’Beberapa titik sudah terjadi kebakaran. Dan telah berhasil dipadamkan,’’ terangnya.

Hadi menambahkan, terkait Karlahut yang terjadi di Kabupaten Pelalawan terhitung Januari hingga Maret terdata 51 hektar lahan yang terbakaar. ‘’Januari-Maret ini setidaknya sudah ada seluas 51 hektar lahan di Kabupaten Pelalawan yang terbakar. Alhamdulillah telah berhasil dipadamkan oleh tim,’’ jelasnya.

Dengan ditetapkan status Siaga ini imbuh Hadi Penandio, segala sumber daya manusia dan juga peralatan ikut disiaagakan. ‘’Sehingga ketika ada titik api, bisa direspon dengan cepat agar kebakaran tidak meluas,’’ paparnya.

Selain itu, Kepala BPBD Pelalawan ini menyebutkan patroli juga akan ditingkatkan. ‘’Selama ini petugas memang sudah melakukan patroli namun akan ditingkatkan lagi.  Saya meminta semua pihak untuk dapat berpartisipasi dalam menanggulangi bencana Karlahut,’’ pungkasnya. amr