Berdakwah, Siswa MTs Miftahul Huda Harus Menembus Hutan dan Sungai


riaupotenza.com
Perjuangan MTs Miftahul Huda melalui sungai untuk mencapai Bagan Benio dalam menyiarkan Syiar Dakwah.

DURI (RPZ) - MTS Miftahul Huda Tasik Serai melaksanakan Safari Jumat. Pada kesempatan ini, Dusun Bagan Benio Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu kunjungan yang ke XV bagi tim Safari Jumat MTS Miftahul Huda.

Perjuangan safari kali ini sangat menantang sebab melewati Danau Tasik dan Sungai Siak Kecil menggunakan Sampan yang bermuatan 4-5 orang saja dengan waktu jarak tempuh kurang lebij 2 Jam dari Madrasah.

"Program tersebut direncanakan sebagai sarana dakwah dan syiar dengan menyiapkan para siswa menjadi petugas atau pelaksana pada ibadah sholat Jumat berjamaah baik itu muadzin ataupun khotbah di masjid-masjid wilayah Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Muandau," kata kepala MTS Miftahul Huda, Rosiman SP. 

Kemudian, untuk mendukung kegiatan safari Jumat ini agar berjalan maksimal, mereka telah mempersiapkan siswa sejak awal melalui sesi latihan yang kontiniu yaitu muadzin, baik dari segi suara dan kemampuan mental siswa untuk menjadi muadzin dan khotib, dan kami juga menyurati seluruh masjid yang akan menjadi objek kunjungan dari program safari Jumat untuk pelaksanaannya.

"Alhamdulillah sampai dengan kemarin Jum’at 07 Maret 2019 kami sudah melaksanakan kunjungan safari jumat yang ke XV tepatnya di masjid Raya  Dusun Bagan Benio," ungkapnya. 

Ketua Dewan Dakwah Kecamatan Talang Mandau ini menyebut, kegiatan safari Jumat yang digagas ini juga berfungsi sebagai sosialisasi kepada masyarakat tentang eksistensi MTs Miftahul Huda Tasik Serai sebagai lembaga pendidikan berciri khas keagamaan dimana kegiatan-kegiatan pendidikannya bernuasa Religius namun juga melahirkan para generasi hebat dan berprestasi, sesuai dengan motto madrasah yaitu “Madrasah Hebat  Bermartabat”.

Sementara, program safari Jum’at ini sangat baik bagi siswa maupun para pengurus masjid, dengan harapan agar setelah menyelesaikan studi di MTs Miftahul Huda Tasik Serai mereka dapat berkecimpung ditengah-tengah masyarakat terutama yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti menjadi petugas Jumat.

Petugas Khotbah yang di emban oleh siswa langsung menyajikan materi materi khotbah lebih kepada pentingnya pendidikan agama kepada Generasi Muda dalam menyikapi arus perkembangan global serta sekaligus menyelipkan sedikit program Madrasah didalamnya. nji